SITI NUR AISYAH, 12206183044 (2022) PENERAPAN METODE THORIQOTY DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SURAT PENDEK ANAK DI RA KARTINI PAKISREJO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (736kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (716kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) | Preview |
Abstract
Abstrak Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Thoriqoty Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Hafalan Surat Pendek Anak di RA Kartini Pakisrejo Rejotangan Tulungagung” ditulis Siti Nur Aisyah, Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Pembimbing Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M. Pd. I. Kata Kunci : Metode Thoriqoty, Hafalan Surat Pendek, Anak Usia Dini Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan metode thoriqoty dalam proses kegiatan mengaji dan juga hafalan surat pendek. Minimnya para pendidik yang menerapkan metode thoriqoty pada sekolah tempat anak belajar. Hal ini membuat kualitas mengaji anak tidak berjalan dengan maksimal, sehingga dapat beresiko dalam pembacaan huruf yang tidak sesuai dengan panduan membaca alQur’an seperti makhorijul huruf, sifatul huruf dan tajwidnya yang nantinya anak dapat terbiasa membaca al-Qur’an dengan kurang tepat. Penelitian ini bertempat di RA Kartini Pakisrejo Rejotangan Tulungagung karena disini memberlakukan metode thoriqoty dalam pelaksanaan kegiatan mengaji dan juga hafalan surat pendek. Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan Metode Thoriqoty dalam upaya meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek anak di RA Kartini? (2) Bagaimana pelaksanaan Metode Thoriqoty dalam upaya meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek anak di RA Kartini? (3) Bagaimana evaluasi Metode Thoriqoty dalam upaya meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek anak di RA Kartini? Tujuannya (1).Untuk mengetahui secara jelas bagaimana proses perencanaan metode thoriqoty dalam upaya meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek anak di RA Kartini. (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Metode thoriqoty dalam upaya meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek ana di RA Kartini. (3) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi kegiatan Metode Thoriqoty dalam upaya meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek anak di RA Kartini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data peneliti dilakukan dengan reduksi data, paparan data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamat, triangulasi dan pemeriksaan sejawat dengan diskusi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan metode thoriqothy dan Kegiatan hafalan adalah dengan mengadakan rapat, mempersiapkan guru bersertifikat agar dapat mengajar, juga menyiapkan target hafalan. Dan menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. (2) Pelaksanaan kegiatan dilakukan setiap hari setiap pagi untuk hafalan surat pendek dan siang untuk mengaji menggunakan Metode Thoriqoty. Menggunakan teknik klasikal dan individu (3) Evaluasi kegiatan mengaji metode Thoriqoty dan Hafalan dilakukan tiap hari dan tiap semester, tiap hari guna untuk menentukan anak dapat melanjutkan bacaan jilid ke halaman selanjutnya atau tidak dan untuk penikaian semester digunakan untuk test lisan capaian hafalan surat pendek anak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206183044 Siti Nur Aisyah |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 07:20 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 07:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29215 |
Actions (login required)
View Item |