PENGARUH METODE RESITASI DENGAN BANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

ENI ERNAWATI, 12204183061 (2022) PENGARUH METODE RESITASI DENGAN BANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (783kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Resitasi Dengan Bantuan Video Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Segitiga Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Eni Ernawati, NIM. 12204183061, Pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd Kata Kunci: Metode Resitasi, Video Pembelajaran, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Guru cenderung menggunakan metode pembelajaran yang tidak bervariasi. Pada akhirnya, pembelajaran yang seperti itu menyebabkan siswa merasa bosan dan tak jarang siswa acuh terhadap penjelasan guru. Bersamaan dengan adanya perkembangan teknologi maka sudah sepatutnya pendidikan pun ikut mengikuti perkembangannya. Metode pembelajaran ini bisa dikombinasikan dengan pemanfaatan video pembelajaran. Dimana video pembelajaran ini merupakan media pembelajaran alternatif berupa audio-visual yang mampu menciptakan suasana belajar lebih menarik. Setelahnya, diberikan latihan soal sebagai simultan siswa untuk berpikir. Latihan-latihan soal ini mampu merubah siswa menjadi terbiasa untuk memecahkan masalah matematika. Sehingga dibutuhkan metode resitasi. Metode resitasi adalah metode pembelajaran dengan memberikan tugas di luar pembelajaran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dan siswa harus mampu mempertanggungjawabkan pekerjaan mereka. Berdasarkan uraian tersebut, maka peneliti ingin mengetahui apakah ada pengaruh metode resitasi dengan bantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa serta seberapa besar pengaruhnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode resitasi dengan bantuan video pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa pada materi segitiga kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2021/2022, (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode resitasi dengan bantuan video pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa pada materi segitiga kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. Sementara, untuk sampel penelitiannya yaitu VII G sebagai kelas eksperimen dan VII I sebagai kelas kontrol berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-independent. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh metode resitasi dengan bantuan video pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa pada materi segitiga kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2021/2022 diperoleh nilai sig.(2.tailed) sebesar 0,004. (2) Besar pengaruh metode resitasi dengan bantuan video pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa pada materi segitiga kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2021/2022 sebesar 79 %.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183061 Eni Ernawati
Date Deposited: 10 Aug 2022 06:48
Last Modified: 10 Aug 2022 06:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29220

Actions (login required)

View Item View Item