PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN BELAJAR DAN PERKEMBANGAN MENTAL EMOSIONAL ANAK PADA SISWA MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021 / 2022

LENIA YULIARTI, 12205183134 (2022) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN BELAJAR DAN PERKEMBANGAN MENTAL EMOSIONAL ANAK PADA SISWA MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021 / 2022. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (395kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Belajar dan Perkembangan Mental Emosional Anak Pada Siswa MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung Tahun Ajaran 2021 / 2022” ini ditulis oleh LENIA YULIARTI, NIM. 12205183134, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung, yang di bimbing oleh Prof. Dr. H. Saymsun Ni’am, M.Ag. Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Belajar, Perkembangan Mental Emosional. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan peneliti terhadap pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan belajar dan perkembangan mental emosional anak, dimana keluarga adalah salah satu faktor yang paling utama dalam mempengaruhi seluruh aspek perkembangan anak. Orang tua yang memiliki pola pengasuhan yang baik dan sesuai dengan kondisi masing – masing anak, akan sangat mempengaruhi dalam hal positif perkembangan anak dalam segi belajar maupun mental emosionalnya. Sehingga pola asuh orang tua memiliki andil yang cukup besar dalam perkembangan belajar dan perkembangan mental emosional anak. Penelitian ini dilakukan di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Adakah pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan belajar anak pada siswa MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung ? (2) Adakah pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan mental emosional anak pada siswa MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung ? (3) Adakah sumbangsih pola asuh orang tua terhadap perkembangan belajar dan perkembangan mental emosional anak pada siswa MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung ? Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan belajar anak pada siswa MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. (2) Untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan mental emosional anak pada siswa MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. (3) Untuk menganalisis ada tidaknya sumbangsih pola asuh orang tua terhadap perkembangan belajar dan perkembangan mental emosional anak pada siswa MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Ex – post Facto. Populasi pada penelitian ini adalah siswa MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung yang berjumlah 229 siswa. Sampling pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Pertimbangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah diperlukannya pola asuh orang tua yang beragam. Dalam penelitian ini jika populasi kurang dari 100 maka pengambilan sampel keseluruhan minimal adalah 25 siswa. Peneliti akan meneliti kelas V dan VI yang berjumlah 50. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner (angket) dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pola asuh orang tua (X) terhadap perkembangan belajar anak (Y1) di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Berdasarkan hasil analisis uji multivariate analysis of variance (MANOVA) diperoleh nilai fhitung 3,285 dengan signifikansi 0,046 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, dengan pengaruh sebesar 12,3%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua (X) terhadap perkembangan mental emosional anak (Y2) di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Berdasarkan hasil analisis uji multivariate analysis of variance (MANOVA) diperoleh nilai fhitung 7,692 dengan signifikansi 0,001 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, dengan pengaruh sebesar 24,7%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua (X) dengan perkembangan belajar (Y1) dan perkembangan mental emosional anak (Y2). Berdasarkan hasil analisis uji multivariate analysis of variance (MANOVA) dengan melihat hasil multivatiate test diperoleh nilai signifikansi berurutan 0,012 < 0,05 ; 0,009 < 0,05 ; 0,007 < 0,005 ; dan 0,001 < 0,005 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > EQ
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183134 LENIA YULIARTI
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:51
Last Modified: 10 Aug 2022 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29257

Actions (login required)

View Item View Item