FILAKHI IBAITI FINANI, 12204183151 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF ICM (INDEX CARD MATCH) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTSN 5 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISII.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (923kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (490kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan hasil belajar matematika siswa. Selama ini banyak siswa yang menganggap matematika merupakan mata pelajaran sulit, sehingga siswa kurang minat dengan mata pelajaran matematika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, sehingga siswa senang dengan pembelajaran matematika. Model pembelajaran aktif ICM (Index Card Match) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk menarik minat siswa. Model pembelajaran aktif ICM (Index Card Match) merupakan model pembelajaran yang pelaksanaannya dengan mencari pasangan kartu sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan siswa menjadi lebih aktif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ICM (Index Card Match) terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN 5 Blitar; (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ICM (Index Card Match) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN 5 Blitar; (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ICM (Index Card Match) terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN 5 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Eksperimen yang digunakan dalam penelitian termasuk Quasi Experiment. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN 5 Blitar tahun ajaran 2021/2022. Dalam pengambilan sampel menggunakan random sampling, dengan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Hasil analisis data dari penelitian ini adalah(1) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran aktif ICM (index card match) terhadap minat belajar matematika siswa. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,010 < 0,05;(2) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran aktif ICM(index card match) terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,050; (3) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran aktif ICM (index card match) terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,050.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Geometri |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183151 Filakhi Ibaiti Finani |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 04:11 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 04:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29263 |
Actions (login required)
View Item |