PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF ICM (INDEX CARD MATCH) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTSN 5 BLITAR

FILAKHI IBAITI FINANI, 12204183151 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF ICM (INDEX CARD MATCH) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTSN 5 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISII.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (923kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (490kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan hasil belajar matematika siswa. Selama ini banyak siswa yang menganggap matematika merupakan mata pelajaran sulit, sehingga siswa kurang minat dengan mata pelajaran matematika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, sehingga siswa senang dengan pembelajaran matematika. Model pembelajaran aktif ICM (Index Card Match) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk menarik minat siswa. Model pembelajaran aktif ICM (Index Card Match) merupakan model pembelajaran yang pelaksanaannya dengan mencari pasangan kartu sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan siswa menjadi lebih aktif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ICM (Index Card Match) terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN 5 Blitar; (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ICM (Index Card Match) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN 5 Blitar; (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ICM (Index Card Match) terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN 5 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Eksperimen yang digunakan dalam penelitian termasuk Quasi Experiment. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN 5 Blitar tahun ajaran 2021/2022. Dalam pengambilan sampel menggunakan random sampling, dengan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Hasil analisis data dari penelitian ini adalah(1) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran aktif ICM (index card match) terhadap minat belajar matematika siswa. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,010 < 0,05;(2) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran aktif ICM(index card match) terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,050; (3) terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran aktif ICM (index card match) terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,050.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183151 Filakhi Ibaiti Finani
Date Deposited: 12 Aug 2022 04:11
Last Modified: 12 Aug 2022 04:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29263

Actions (login required)

View Item View Item