IMPLIKASI PEMIKIRAN NU LIBERAL DALAM MELAKUKAN PEMBAHARUAN PEMBELAJARAN PESANTREN (Studi Multisitus Di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Kediri Dan Pondok Pesantren Darussalam Kediri)

JOKO PURNOMO, 128506203013 (2022) IMPLIKASI PEMIKIRAN NU LIBERAL DALAM MELAKUKAN PEMBAHARUAN PEMBELAJARAN PESANTREN (Studi Multisitus Di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Kediri Dan Pondok Pesantren Darussalam Kediri). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK TESIS dengan judul “Implikasi Pemikiran NU Liberal Dalam Melakukan Pembaharuan Pembelajaran Pesantren (Studi Multisitus di Pondok Pesantren Haji Ya’qub Kediri Dan Pondok Pesantren Darussalam Kediri)” ini di tulis oleh Joko Purnomo, pembimbing: Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag dan Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Pemikiran NU Liberal, Pembaharuan, Pembelajaran Pesantren Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memahami pengembangan pemebelajaran pesantren yang di kaitkan dengan pemikiran NU liberal, NU dan pesantren tidak bisa di pisahkan dalam keberadaanya, karena secara historis NU lahir dan berkembang dari pesantren, namun pada realitanya pada dataran pemikran, NU lebih dahulu merespon progresif terhadap perkembangan zaman dari pada pesantren, sehingga didalam pengembangan pembelajaran yang di rangkum dalam kegiatan bahtsul masa’il sangat terhegemoni oleh pemikiran NU liberal. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana pemikiran NU liberal dalam memberi makna pengembangan pembelajaran? 2). Bagaimana respon Pondok Pesantren Haji Ya’qub Kediri dan Pondok Pesantren Darussalam Kediri terhadap pemikiran NU liberal sebagai pengembangan pembelajaran pesantren? 3).Mengapa pemikiran NU liberal dapat memberi makna pengembangan pembelajaran pesantren? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan studi multisitus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi : 1). Wawancara mendalam, 2) Observasi partisipan, 3) Studi dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut dianalisis dari situs tunggal dan analisis lintas situs. Pada saat pengumpulan data, data yang telah diperoleh diuji dengan menggunakan metode triangulasi dan ketekunan pengamatan dan keabsahan data.. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Pemikiran NU liberal dalam memberi makna pengembangan pembelajaran pesantren dilakuakan melalui identifikasi tujuan dan hasil, pengembangan pembelajaran pesantren dan evaluasi terhadap proses dan hasil bahtsul masa’il dan musyawarah. 2) Respon pondok pesantren terhadap Pemikiran NU liberal adalah positif, bentuk respon tersebut dengan melakuakan pengembangan metodologi dalam berbahtsul masa’il dan musyawarah, seperti pemahaman fiqih secara tekstual menuju pemahaman secara kontekstual. 3). Pemikiran NU liberal sangat memberi warna terhadap pengembangan pembelajaran pesantren, dikarenakan ketidakpuasan terhadap pembelajaran yang ada, kurang memberi perkembangan pemikiran santri, dan keinginan mengembangkan wawasan agama yang luas.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Joko Purnomo
Date Deposited: 10 Aug 2022 08:33
Last Modified: 10 Aug 2022 08:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29275

Actions (login required)

View Item View Item