LIYA SATMA DEWI, 12201183278 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN AL QUR'AN HADITS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTsN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (598kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (382kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (429kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (833kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (902kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Al Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik di MTsN 5 Kediri”, ditulis oleh Liya Satma Dewi, NIM. 12201183278, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungangung, Pembimbing Prof. Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Al Quran Hadits, Hasil Belajar. Penelitian skripsi ini berlatar belakang kendala guru Al Quran Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kendala tersebut berupa peserta didik yang mengalami penurunan dalam hasil belajar. Hal ini menunjukkan bahwa guru berperan sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Fokus penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana pendekatan pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTsN 5 Kediri? 2) Bagaimana metode pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTsN 5 Kediri? 3) Bagaimana teknik pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTsN 5 Kediri? 4) Bagaimana evaluasi pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTsN 5 Kediri?. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan pendekatan pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTsN 5 Kediri. Mendiskripsikan metode pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTsN 5 Kediri. Mendiskripsikan teknik pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTsN 5 Kediri. Mendiskripsikan evaluasi pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTsN 5 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru Al Qur’an Hadits kls VII, waka kurikulum,dan peserta didik kelas VII. Lokasi penelitian di MTsN 5 Kediri, data penelitian didapatkan dari Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu menggunakan pendekatan individual dan pendekatan kelompok. Metode pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu guru menerapkan metode yang bervariatif seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan hafalan dalam setiap pertemuan. Teknik pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu menggunakan teknik bertanya dan penugasan. Evaluasi pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu evaluasi di akhir pembelajaran dilakukan dengan tanya jawab dan penilaian yang dilakukan secara langsung kepada masing-masing individu dengan cara melihat bagaimana sikap, perilaku peserta didik, penugasan, hafalan dan ulangan harian.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Hadist Agama > Al Quran Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183278 LIYA SATMA DEWI |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 02:14 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 02:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29295 |
Actions (login required)
View Item |