STRATEGI PEMBELAJARAN AL QUR'AN HADITS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTsN 5 KEDIRI

LIYA SATMA DEWI, 12201183278 (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN AL QUR'AN HADITS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTsN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (598kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Al Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik di MTsN 5 Kediri”, ditulis oleh Liya Satma Dewi, NIM. 12201183278, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungangung, Pembimbing Prof. Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Al Quran Hadits, Hasil Belajar. Penelitian skripsi ini berlatar belakang kendala guru Al Quran Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kendala tersebut berupa peserta didik yang mengalami penurunan dalam hasil belajar. Hal ini menunjukkan bahwa guru berperan sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Fokus penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana pendekatan pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTsN 5 Kediri? 2) Bagaimana metode pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTsN 5 Kediri? 3) Bagaimana teknik pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTsN 5 Kediri? 4) Bagaimana evaluasi pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTsN 5 Kediri?. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan pendekatan pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTsN 5 Kediri. Mendiskripsikan metode pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTsN 5 Kediri. Mendiskripsikan teknik pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTsN 5 Kediri. Mendiskripsikan evaluasi pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTsN 5 Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru Al Qur’an Hadits kls VII, waka kurikulum,dan peserta didik kelas VII. Lokasi penelitian di MTsN 5 Kediri, data penelitian didapatkan dari Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu menggunakan pendekatan individual dan pendekatan kelompok. Metode pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu guru menerapkan metode yang bervariatif seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan hafalan dalam setiap pertemuan. Teknik pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu menggunakan teknik bertanya dan penugasan. Evaluasi pembelajaran Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu evaluasi di akhir pembelajaran dilakukan dengan tanya jawab dan penilaian yang dilakukan secara langsung kepada masing-masing individu dengan cara melihat bagaimana sikap, perilaku peserta didik, penugasan, hafalan dan ulangan harian.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Hadist
Agama > Al Quran
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183278 LIYA SATMA DEWI
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:14
Last Modified: 11 Aug 2022 02:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29295

Actions (login required)

View Item View Item