STRATEGI GURU AL QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN MENGHAFAL SURAT ALLUQMAN AYAT 13-17 DI MA MA’ARIF PONGGOK BLITAR

DWI FITROTIN AZIZAH, 12201183211 (2022) STRATEGI GURU AL QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN MENGHAFAL SURAT ALLUQMAN AYAT 13-17 DI MA MA’ARIF PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Al Qur’an Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Surat Al-Luqman ayat 13-17 di MA Ma’arif Ponggok Blitar Tahun Ajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Dwi Fitrotin Azizah, NIM. 12201183211, pembimbing Suwanto, M.S.I. Kata kunci: Strategi, Guru Al-Qur’an Hadits Menghafal bukanlah sesuatu yang mudah, tetapi bukan pula sesuatu yang tidak mungkin. Menghafal merupakan sesuatu yang penting dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, megajarkan membaca, dan menghafal merupakan tanggung jawab seorang guru. Guru harus mempunyai strategi tersendiri dalam membimbing dan mengatasi siswa yang kesulitan hafalan. Karena keberhasilan peserta didik dalam menghafal tergantung pada cara atau strategi pembelajaran yang diterapkan guru. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah strategi guru Al Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan menghafal surat Al-luqman ayat 13-17 siswa Madrasah Aliyah Ma’arif Ponggok Blitar? (2) Bagaimana hambatan strategi guru Al Qur’an Hadits dalam mengatasi kesuliatan menghafal surat Al-luqman ayat 13-17 siswa Madrasah Aliyah Ma’arif Ponggok Blitar? (3) Bagaimana dampak strategi guru Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat Al-luqman ayat 13-17 siswa Madrasah Aliyah Ma’arif Ponggok Blitar? Tujuan peneitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan langkah – langkah strategi guru Al Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan menghafal surat Al-luqman ayat 13-17 siswa Madrasah Aliyah Ma’arif Ponggok Blitar. (2) Untuk mendiskripsikan hambatan strategi guru Al Qur’an Hadits dalam mengatasi kesuliatan menghafal surat Al-luqman ayat 13-17 siswa Madrasah Aliyah Ma’arif Ponggok Blitar. (3) Untuk mendiskripsikan dampak strategi guru Al Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat Al-luqman ayat 13-17 siswa Madrasah Aliyah Ma’arif Ponggok Blitar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneitian kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MA Ma’arif Ponggok Blitar. Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan tahap-tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui pengamatan, ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) guru menggunakan strategi yang sering digunakan yaitu dengan cara siswa harus menyediakan buku khusus untuk menulis kembali ayat yang hendak dihafalkan, guna mengingat ayat tersebut dibenak siswa sehingga dapat muncul reflek lisan ketika hafalan. Strategi guru dalam mengatasi kesulitan menghafal ini didukung dengan metode yakni metode wahdah, metode jama’ dan metode kitabah. Untuk proses hafalan dilaksanakan sesuai dengan jam pelajaran Al Qur’an Hadits. (2) Faktor penghambatan strategi guru adapun faktor yang mempengaruhi yaitu siswa yang kurang niat dalam melaksanakan hafalan, siswa yang gaduh didalam kelas dan juga siswa yang tidak memanfaatkan waktu hafalan dengan sebaik mungkin. (3) Dampak penerapan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat Al-Luqman terdapat dampak baik, dampak baiknya siswa bisa lebih meningkat dalam kemampuan hafalannya peningkatan tersebut adalah siswa lebih fokus, lancar dengan hafalannya dan lebih mudah dalam menghafal surat tersebut karenana siswa bisa memilih metode sesuai dengan keinginannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 122011833211 Dwi Fitrotin Azizah
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:40
Last Modified: 11 Aug 2022 04:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29299

Actions (login required)

View Item View Item