MUHAMMAD NAVICK MADANNY, 12201173311 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR`AN PADA PESERTA DIDIK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR`AN (TPQ) BAITURROHMAN JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (74kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur`an Pada Peserta Didik Di Taman Pendidikan Al-Qur`an (TPQ) Baiturrohman Jombang” ini ditulis oleh Muhammad Navick Madanny, NIM. 12201173311, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dibimbing oleh Prof. Dr. Syamsu Ni`am, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran Baca Tulis Al-Quran Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya eksistensi Taman Pendidikan alquran yang semakin terbelakang karena kehadiran pendidikan formal yang mulai mencangkup ranah Al-Quran. Dalam hal ini peran vital di emban oleh guru TPQ sebagai pelaksana kegiatan belajar Al-Quran dalam melestarikan eksistensi Taman Pendidikan Alquran dan meningkatkan motivasi serta kualitas bacaan santri TPQ khususnya di TPQ Masjid Baiturrohman Jombang. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi baca tulis Al Qur‟an (BTQ) pada peserta didik TPQ Masjid Baiturohman Jombang? 2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al Qur‟an (BTQ) pada peserta didik TPQ Masjid Baiturohman Jombang? dan 3) Bagaimana hambatan strategi guru dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan Baca Tulis Al Qur‟an (BTQ) pada santri TPQ Masjid Baiturohman Jombang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan penelitian jenis penelitian studi kasus. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan tehnik pengecekan keabsahan data menggunakan tehnik (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi), keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian ini meliputi: 1) Strategi guru TPQ Masjid Baiturrohman Jombang dalam meningkatkan motivasi baca tulis Al Qur‟an di TPQ Masjid Baiturrohman Jombang meliputi pendekatan instrinsik dan ekstrinsik yang berbentuk usaha peningkatan motivasi dari dalam diri santri berupa penumbuhan minat belajar, dorongan belajar dan bimbingan belajar, dan aspek dari luar diri santri berupa pemberian reward, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. 2) Strategi dalam meningkatkan kualitas bacaan Al Qur‟an di TPQ Masjid Baiturrohman Jombang dapat dilihat dari adanya usaha yangxvii sungguh-sungguh dari pihak guru TPQ yang ditunjukkan dalam membuat perencanaan guru dalam meningkatkan kualitas membaca AL-Qur‟an yaitu menggunakan metode An-Nadliyah, pemanfaatan media pembelajaran, serta melakukan evaluasi bertahap. 3) Hambatan-hambatan strategi guru antara lain belum adanya keinginan yang sama antara Ustadz/Ustadzah, santri dan wali santri untuk memajukan pendidikan TPQ. Kurangnya jumlah tenaga pengajar dan Semangat santri yang kurang ketika musim hujan dan musim ujian sekolah, serta kondisi santri ketika awal pembelajaran yang sulit dikondisikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201173311 MUHAMMAD NAVICK MADANNY |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 07:53 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 07:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29352 |
Actions (login required)
View Item |