FIANISYA WIDYARINI, 12209183094 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA PADA MATERI PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP PEMBENTUKAN LEMBAGA SOSIAL KELAS VII DI MTs ASWAJA TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (736kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (203kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
Abstract
Proses pembelajaran adalah inti dari pendidikan, yang mana guna mencapai suatu keberhasilan pendidikan, maka itu diperlukan proses pembelajaran. Keberhasilan dalam pembelajaran siswa dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang timbul dari dalam diri anak, , seperti mental, kesehatan, keberhasilan dan motivasi. Sedangkan faktor eksternal adalah fakktor yang berasal dari luar diri anak, seperti dari lingkungan keluarga, sekolah, teman, masyarakat dan sarana prasaran Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar IPS siswa pada materi Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga Sosial kelas VII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung? 2) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS siswa pada materi Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Pembentukan Lembaga Sosial kelas VII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif emperimental. Insrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan soal tes. Penelitian ini memiliki 2 jenis sampel yaitu, VII C yang mana sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 16 dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together memberikan sebuah pengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir. Hal ini ditunjukkan pada hasil penghitungan uji hipotesis Uji – T diperoleh nilai sig.(2-tailed) adalah 0,00. Berdasarkan kriteria pengambilam keputusan 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan model Numbered Head Together terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung. 2) Penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together memberikan sebuah pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir. Hal ini ditunjukkan pada hasil penghitungan uji hipotesis Uji – T diperoleh nilai sig.(2tailed) adalah 0,00. Berdasarkan kriteria pengambilam keputusan 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan model Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209183094 FIANISYA WIDYARINI |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 06:45 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 06:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29354 |
Actions (login required)
View Item |