ANALISIS STRATEGI PERSAINGAN KELOMPOK BUDIDAYA IKAN MINA GARDA BAKTI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN IKAN HIAS DI DESA KARANGREJO

ALFI MASRUKHAN, 12402173207 (2022) ANALISIS STRATEGI PERSAINGAN KELOMPOK BUDIDAYA IKAN MINA GARDA BAKTI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN IKAN HIAS DI DESA KARANGREJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Strategi Persaingan Kelompok Budidaya Ikan Mina Garda Bakti dalam Meningkatkan Penjualan Ikan Hias di Desa Karangrejo” yang ditulis oleh Alfi Masrukhan, NIM. 12402173207, dengan pembimbing Jusuf Bachtiar S.S., M.Pd. Penelitian skripsi ini, dilatarbelakangi oleh semakin beragamnya kebutuhan masyarakat, sehingga banyak pula ide usaha bisnis yang berkembang. Hal ini berdampak terhadap munculnya persaingan bisnis. Oleh karena itu, diperlukannya penerapan strategi bersaing untuk meningkatkan penjualan produk bagi perusahaan besar maupun home industri, termasuk usaha budidaya ikan hias Pokdakan Mina Garda Bakti. Strategi bersaing tersebut meliputi strategi keunggulan biaya, fokus, dan diferensiasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi kelompok budidaya ikan MINA GARDA BAKTI dalam menghadapi persaingan untuk meningkatkan penjualan ikan hias?; 2) Bagaimana pengaruh penerapan strategi persaingan terhadap upaya peningkatan penjualan ikan hias?; 3) Bagaimana upaya mengatasi persaingan era digital kelompok budidaya ikan Mina Garda Bakati dalam meningkatkan penjualan?, Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi bersaing yang diterapkan oleh Pokdakan Mina Garda Bakti dalam upaya meningkatkan penjualan ikan hias. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Dengan metode pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Serta menggunakan triangulasi sumber untuk memeriksa keabsahan data. Hasil penelitian ini adalah 1) Strategi bersaing yang diterapkan pokdakan Mina Garda Bakti yaitu strategi keunggulan biaya dengan menciptakan yang terjangkau konsumen, strategi fokus yaitu dengan fokus terhadap segmen pasar, strategi diferensiasi yaitu dengan memproduksi bibit yang unggul sebagai pembeda dari pesaing lain. 2) Pengaruh penerapan strategi persaing yang dilakukan pokdakan Mina Garda Bakti yaitu berkembangnya cakupan pasar yang mencapai ranah pasar nasional, serta berpengaruh juga terhadap meningkatnya volume penjualan dan kesejahteraan anggota. 3) Dalam upaya mengatasi persaingan di era digital, pokdakan Mina Garda Bakti melakukan inovasi produk dan pelayanan produk dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Selain itu juga memperhatikan faktor yang mempengaruhi penjualan seperti modal, SDM, strategi promosi, dan kondisi pasar. Kata Kunci: Strategi Persaingan, Budidaya Ikan hias, Peningkatan Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S.E 12402173207 ALFI MASRUKHAN
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:59
Last Modified: 11 Aug 2022 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29357

Actions (login required)

View Item View Item