PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOKLET BERBASIS CRITICAL THINKING PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X DI SMAN 1 SRENGAT

ROSA DEWI YANI, 12208183114 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOKLET BERBASIS CRITICAL THINKING PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X DI SMAN 1 SRENGAT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya siswa yang merasa bosan dalam proses pembelajaran. Penggunaan media seperti PPT, LKS dan buku paket tidak lagi menarik bagi siswa sehingga hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal. Pada penelitian ini, peneliti berusaha untuk menyediakan tambahan media pembelajaran yang menarik berupa e-booklet berbasis critical thinking untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil validasi media ebooklet berbasis critical thinking pada materi ekosistem kelas X di SMA Negeri 1 Srengat, (2) mendeskripsiskan hasil keterbacaan media pembelajaran e-booklet berbasis critical thinking pada materi ekosistem kelas X di SMA Negeri 1 Srengat, dan (3) mengetahui pengaruh pengembangan media pembelajaran ebooklet berbasis critical thinking pada materi ekosistem kelas X di SMA Negeri 1 Srengat terhadap hasil belajar siswa. Metode dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA 1 dan siswa kelas X MIPA 6. Desain uji coba dalam penelitian ini adalah Static Group Comparison Design. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, dan tes. Media pembelajaran e-booklet berbasis critical thinking dibuat semenarik mungkin oleh peneliti. Kobinasi warna, gambar, dan tesk ditata dengan begitu apik. Terdapat juga soal-soal latihan berbasis HOTS untuk melatih siswa berpikir kritis serta link aktif video Youtube yang dapat diakses secara langsung untuk menambah wawasan siswa. Proses penyusunan media pembelajaran e-booklet berbasis critical thinking terdiri dari beberapa komponen, yaitu halaman sampul, halaman kata pengantar, halaman daftar isi, halaman kompetensi pembelajaran, halaman peta konsep, halaman konsep, halaman isi, rangkuman, halaman latihan soal, halaman link video Youtube, dan halaman daftar pustaka. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) hasil validasi pada media pembelajaran e-booklet berbasis critical thinking yang oleh dosen validator ahli materi memperoleh hasil 95% dengan kriteria “valid” dan layak digunakan tanpa revisi. Hasil validasi ahli media memperoleh hasil 87% dengan kriteria “valid” dan layak digunakan tanpa revisi, (2) hasil keterbacaan berdasarkan dari tanggapan Guru Biologi kelas X MIPA memperoleh hasil 83% dengan kriteria “praktis” sebagai media belajar dan juga berdasarkan tanggapan siswa yang memperoleh hasil 77,98% dengan kriteria “cukup praktis” sebagai media belajar, (3) hasil uji coba produk untuk mengatahui pengaruh media pembelajaran e-booklet berbasis critical thinking terhadap hasil belajar didapat melalui hasil tes berupa post-test dengan melihat perbandingan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kelas kontrol. Hasil nilai rata-rata post-test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata post-test kelas kontrol yaitu 86,47 > 79,41. Berdasarkan perhitungan melalui SPSS dengan menggunakan Uji Independent T-Test diperoleh sig. (2-tailed) sebesar 0,002 dengan taraf signifikasi 5% atau 0,05 sehingga hasilnya 0,002 < 0,05. Hasilnya hipotesis diterima dengan kesimpulan bahwa media e-booklet berbasis critical thinking memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Ekosistem
Pendidikan > Media Pembelajaran
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183114 ROSA DEWI YANI
Date Deposited: 12 Aug 2022 06:35
Last Modified: 12 Aug 2022 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29365

Actions (login required)

View Item View Item