PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEPEDULIAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG

FITRA LARASATI, 12209183064 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEPEDULIAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Modified Free Inquiry Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kepedulian Sosial dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Fitra Larasati, NIM. 12209183064, Pembimbing Nur Isroatul Khusna, M.Pd. Kata Kunci: Modified Free Inquiry, Media, Kepedulian Sosial, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya model pembelajaran terhadap terhadap kepedulian sosial dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif yang dapat digunakan guru dalam mengajar yaitu dengan menggunakan model Modified Free Inquiry berbantuan media audio visual. Sehingga nantinya siswa tidak bosan dan dapat menumbuhkan kepedulian sosial dari proses konsentrasi. Berkaitan dengan latar belakang di atas, terdapat rumusan masalah dalam penelitian ini, meliputi: 1) Adakah pengaruh model pembelajaran Modified Free Inquiry berbantuan media audio visual terhadap kepedulian sosial siswa pada materi konflik dalam kehidupan sosial kelas VIII MTsN 1 Tulungagung Tahun 2022/2023?, dan 2) Adakah pengaruh model pembelajaran Modified Free Inquiry berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi konflik dalam kehidupan sosial kelas VIII MTsN 1 Tulungagung Tahun 2022/2023?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Modified Free Inquiry berbantuan media audio visual terhadap kepedulian sosial siswa pada materi konflik dalam kehidupan sosial kelas VIII MTsN 1 Tulungagung Tahun 2022/2023?, dan 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Modified Free Inquiry berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi konflik dalam kehidupan sosial kelas VIII MTsN 1 Tulungagung Tahun 2022/2023?. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis peelitian eksperimen. Variabel yang digunakan yaitu bebas dan terikat. Sumber data primer yaitu siswa kelas VIII-2 dan VIII-6, sedangkan sumber data sekunder berasal dari informasi sekolah. Tehnik probability sampling dalam penelitian ini mendapatkan responden yaitu siswa kelas VIII-6 sebagai kelas experiment yang berjumlah 32 sampel serta siswa kelas VIII-2 sebagai kontrol kelas yang berjumlah 30 siswa. Instrumen dan tehkik pengambilan data yang peneliti gunakan adalah soal tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Selajutnya analisis data dalam penelitian ini yaitu uji instrument, uji prasyarat, serta uji hipotesis. Dari penelitian yang telah dilakukan, didapatkan adanya pengaruh dari penggunaan model Modified Free Inquiry. Hal ini ditunjukkan dari hasil penghitungan uji hipotesis yang masing-masing Uji-T diperoleh nilai sig.(2-tailed) adalah 0,00. Berdasarkan kriteria pengambilam keputusan 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Modified Free Inquiry berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar dan kepedulian sosial siswa kelas VIII MTsN 1 Tulungagung pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S.Pd. 12209183064 FITRA LARASATI
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:24
Last Modified: 11 Aug 2022 03:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29368

Actions (login required)

View Item View Item