STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS III DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NOVI INTAN SARI, 12205183089 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS III DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas III di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Novi Intan Sari, NIM. 12205183089. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Drs. H. Jani, MM.,M.Pd. Kata kunci : Strategi guru, Minat Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa setiap siswa mempunyai tingkat minat yang berbeda-beda, jika minat belajar pada siswa tinggi maka akan muncul perasaan suka dan tertarik pada pembelajaran dengan begitu siswa akan mengikuti pelajaran tersebut dengan antusiasme yang tinggi. Minat merupakan faktor penting dalam pengembangan potensi siswa dalam keberhasilan belajar. Oleh karena untuk menumbuhkan minat diperlukan strategi tertentu. Guru kelas memiliki peran penting dalam menumbuhkan minat belajar siswa, karena gurulah yang pertama kali memperkenalkan materi pelajaran kepada siswa dan guru pula yang memimpin siswa dalam mempelajari mata pelajaran di sekolah. Fokus dan pertanyaan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa kelas III di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2021/2022? (2) Apa saja hambatan guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa kelas III di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2021/2022? (3) Bagaimana guru mengatasi hambatan dalam menumbuhkan minat belajar siswa kelas III di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2021/2022? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Sumber data primer meliputi Kepala Madrasah, Guru kelas III, dan siswa kelas III. Sedangkan sumber sekunder berasal dari dokumentasi. Peneliti menggunakan metode wawancara mendalam yang digunakan untuk mencari data sedetail-detailnya dengan cara menggunakan dialog secara terstruktur. Observasi digunakan untuk mencari data dengan melihat secara langsung kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mencari data dengan mengambil gambar keadaan yang sebenarnya terjadi. Selanjutnya analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data atau display dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Strategi guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa yaitu dengan melakukan persiapan yang maksimal yaitu dengan menyusun perangkat pembelajaran yang baik, pelaksanaan pembelajaran dilakukan guru dengan apresepsi dan penyampaian materi secara maksimal serta suasana dibuat menyenangkan dan menarik, penugasan dari guru yang menarik perhatian siswa, serta kegiatan-kegiatan yang mendukung, (2) dalam hal hambatan yang dialami guru , guru memiliki hambatan mengenai Daya Serap/IQ yang lemah dan Kesulitan guru dalam mengelola kelas (3) dalam hal mengatasi hambatan, guru memiliki beberapa cara yaitu Menggunakan strategi dan media pembelajaran yang variatif, memberikan reward, tantangan dan hukuman jika ada siswa yang tidak disiplin atau melanggar aturan, memberikan motivasi setaip pembelajaran dimulai dan diakhiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205183089 NOVI INTAN SARI
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:47
Last Modified: 11 Aug 2022 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29370

Actions (login required)

View Item View Item