PENGEMBANGAN BAHAN AJAR VIDEO VISUALISASI BERBASIS WORLDWIDE TELESCOPE UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS VII MTSN 3 BLITAR

ANA KHOIRUL ULA, 12209183057 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR VIDEO VISUALISASI BERBASIS WORLDWIDE TELESCOPE UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS VII MTSN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (623kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Video Visualisasi Berbasis Worldwide Telescope Untuk Meningkatkan Pengetahuan IPS Siswa Kelas VII MTsN 3 Blitar” ini ditulis oleh Ana Khoirul Ula, NIM 12209183057, pembimbing Bagus Setiawan,M.Pd. Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Video Visualisasi, World Wide Telescope. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya siswa dalam memahami materi IPS dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, kurangnya konsentrasi siswa terhadap materi yang diberikan oleh pendidik serta terbatasnya media pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu, maka bahan ajar perlu dirancang agar pembelajaran dapat lebih menarik dan efektif. Dengan memanfaatkan bahan ajar berupa video visualisasi berbasis worldwide telescope ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik terhadap materi Bentuk Muka Bumi Indonesia kelas VII di MTsN 3 Blitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah proses pengembangan model bahan ajar video visualisasi berbasisi wordwide telescope tema bentuk muka bumi untuk meningkatkan pengetahuan IPS siswa kelas VII MTsN 3 Blitar. Bagaimana tingkat kepraktisan, keefektifan dan kevalidan pengguna dalam penerapan model bahan ajar video visualisasi berbasis worldwide telescope serta bagaimanakan perbandingan hasil pembelajaran IPS menggunakan bahan ajar video visualisasi berbais worldwide telescope pada siswa kelas VII MTsN 3 Blitar. Hasil uji validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan rata-rata presentase 82.5%. Hasil validasi ahli materi menunjukkan media memenuhi kriteria valid dengan rata-rata presentase 95%. Sedangkan hasil validasi yang dilakukan oleh guru menunjukkan bahwa media pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan rata-rata presentase 79.4%. Hasil uji kepraktisan memenuhi kriteria kepraktisan, yaitu hasil angket respon peserta didik menyatakan bahwa produk praktis untuk digunakan, nilai ketuntasan hasil belajar peserta didik lebih dari 75% yaitu 86.7%, serta analisis pengamatan aktivitas peserta didik menunjukkan presentase siswa bertanya 33.33% yang berarti media praktis atau dapat digunakan dengan sedikit revisi. Hasil uji keefektifan media menunjukkan bahwa pada pengujian hipotesis menggunakan paired simples test data hasil test diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0.787. Hasil ini terbukti dari nilai rata-rata post-test sebesar 82,17 atau -9,833 lebih baik dari nilai rata-rata pre-test sebesar 72,33. Dengan demikian maka media bahan ajar ini dapat dinyatakan efektif digunakan dalam meningkatkan pengetahuan pembelajaran IPS materi bentuk muka bumi kelas VII.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209183057 Ana Khoirul Ula
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:34
Last Modified: 12 Aug 2022 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29375

Actions (login required)

View Item View Item