Siti Nurhalimah, 12205183269 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS 1 MI MIFTAHUL HUDA JAMBEWANGI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (767kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (246kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul: “Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar di Masa Pandemi pada Siswa Kelas 1 MI Miftahul Huda Jambewangi Blitar” ini ditulis oleh Siti Nurhalimah, NIM. 12205183269, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan, UIN SATU Tulungagung, dibimbing oleh Abdul Aziz Faradi, M.Hum Kata Kunci: Guru, Kesulitan Belajar, Calistung, Siswa, Pandemi Membaca, menulis, dan berhitung merupakan salah satu aktivitas yang paling penting dalam hidup dan dapat dikatakan bahwa semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca. Kemampuan membaca kemudian menulis dan ketika seorang telah bisa membaca dan menulis disusul dengan kemampuan berhitung, ketiga unsur ini sangat penting dikuasai. Dengan adanya pandemi covid membawa perubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan. Pembelajaran seperti ini semua guru atau tenaga pendidik diharuskan untuk mengganti pembelajaran melalui media online. Hal ini membawa perubahan dalam sistem pendidikan, materi yang akan diajarkan, pembelajaran yang dilakukan serta hambatan-hambatan yang dihadapi baik oleh guru, siswa, orang tua siswa dan penyelenggara pendidikan. Sehingga guru perlu membuat atau merancang strategi khusus untuk nengatasi kesulitan belajar di masa pandemi tersebut. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana srategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca di masa pandemi pada siswa kelas 1 MI Miftahul Huda Jambewangi Blitar?, 2) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar menulis di masa pandemi pada siswa kelas 1 MI Miftahul Huda Jambewangi Blitar?, 3) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar berhitung di masa pandemi pada siswa kelas 1 MI Miftahul Huda Jambewangi Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca ialah tetap melakukan komunikasi melalui WhatsApp group dan menghubungi secara pribadi, menjalin kerjasama dengan orang tua, mengirimkan materi, melakukan dril ulang, memberikan motivasi supaya giat belajar, (2) Strategi mengatasi kesulitan menulis ialah memberikan materi contoh huruf lepas dan huruf sambung, mengenalkan prosedur cara menulis dengan baik dan benar, menulis menggunakan buku kotak strimin (buku kotak kecil), dan (3) Strategi guru untuk mengatasi kesulitan belajar berhitung yaitu guru mengirimkan media video pembelajaran, melalui penugasan, pemberian reward atau hadiah berupa nilai atas pekerjaan peserta didik, evaluasi strategi yang digunakan dalam mengatasi kesulitan belajar di masa pandemi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Daring Pendidikan > Kesulitan Belajar Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183269 Siti Nurhalimah |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 07:42 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 07:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29392 |
Actions (login required)
View Item |