STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS 1 MI MIFTAHUL HUDA JAMBEWANGI BLITAR

Siti Nurhalimah, 12205183269 (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS 1 MI MIFTAHUL HUDA JAMBEWANGI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul: “Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar di Masa Pandemi pada Siswa Kelas 1 MI Miftahul Huda Jambewangi Blitar” ini ditulis oleh Siti Nurhalimah, NIM. 12205183269, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan, UIN SATU Tulungagung, dibimbing oleh Abdul Aziz Faradi, M.Hum Kata Kunci: Guru, Kesulitan Belajar, Calistung, Siswa, Pandemi Membaca, menulis, dan berhitung merupakan salah satu aktivitas yang paling penting dalam hidup dan dapat dikatakan bahwa semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca. Kemampuan membaca kemudian menulis dan ketika seorang telah bisa membaca dan menulis disusul dengan kemampuan berhitung, ketiga unsur ini sangat penting dikuasai. Dengan adanya pandemi covid membawa perubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan. Pembelajaran seperti ini semua guru atau tenaga pendidik diharuskan untuk mengganti pembelajaran melalui media online. Hal ini membawa perubahan dalam sistem pendidikan, materi yang akan diajarkan, pembelajaran yang dilakukan serta hambatan-hambatan yang dihadapi baik oleh guru, siswa, orang tua siswa dan penyelenggara pendidikan. Sehingga guru perlu membuat atau merancang strategi khusus untuk nengatasi kesulitan belajar di masa pandemi tersebut. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana srategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca di masa pandemi pada siswa kelas 1 MI Miftahul Huda Jambewangi Blitar?, 2) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar menulis di masa pandemi pada siswa kelas 1 MI Miftahul Huda Jambewangi Blitar?, 3) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar berhitung di masa pandemi pada siswa kelas 1 MI Miftahul Huda Jambewangi Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca ialah tetap melakukan komunikasi melalui WhatsApp group dan menghubungi secara pribadi, menjalin kerjasama dengan orang tua, mengirimkan materi, melakukan dril ulang, memberikan motivasi supaya giat belajar, (2) Strategi mengatasi kesulitan menulis ialah memberikan materi contoh huruf lepas dan huruf sambung, mengenalkan prosedur cara menulis dengan baik dan benar, menulis menggunakan buku kotak strimin (buku kotak kecil), dan (3) Strategi guru untuk mengatasi kesulitan belajar berhitung yaitu guru mengirimkan media video pembelajaran, melalui penugasan, pemberian reward atau hadiah berupa nilai atas pekerjaan peserta didik, evaluasi strategi yang digunakan dalam mengatasi kesulitan belajar di masa pandemi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183269 Siti Nurhalimah
Date Deposited: 12 Aug 2022 07:42
Last Modified: 12 Aug 2022 07:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29392

Actions (login required)

View Item View Item