AFIFAH ANGGRAINI, 12204183186 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN KELAS XI DI SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (312kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Berbantuan Media Geogebra terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan Lingkaran Kelas XI di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Afifah Anggraini, NIM. 12204183186, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : guided discovery learning, geogebra, minat belajar, hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang diterapkan dilapangan merupakan model pembelajaran konvensional sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi pasif karena hanya mendengarkan dan membuat siswa merasa jenuh karena tidak sesuai dengan minat peserta didik dan berpengaruh terhadap hasil belajar yang kurang optimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa guna mencapai keberhasilan belajar adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dan menarik sehingga siswa akan lebih semangat belajar yaitu dengan meggunakan perpaduan model pembelajaran guided discovery learning berbantuan media geogebra. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran guided discovery learning berbantuan media geogebra terhadap minat belajar siswa pada materi persamaan lingkaran kelas XI di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung, 2) Pengaruh model pembelajaran guided discovery learning berbantuan media geogebra terhadap hasil belajar siswa pada materi persamaan lingkaran kelas XI di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung, 3) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran guided discovery learning berbantuan media geogebra terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi persamaan lingkaran kelas XI di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket, tes dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh data minat belajar siswa, tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data yang dapat menunjang penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Rejotangan Tulungagung dengan mengambil 2 sampel yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik uji Independent T- Test dan uji Effect Size Cohen’s. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: 1) Ada pengaruh model pembelajaran guided discovery learning berbantuan media geogebra terhadap minat belajar siswa pada materi persamaan lingkaran kelas XI di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung, 2) Ada pengaruh model pembelajaran guided discovery learning berbantuan media geogebra terhadap hasil belajar siswa pada materi persamaan lingkaran kelas XI di SMAN 1 Rejotangan Tulungagung, 3) Besar pengaruh model pembelajaran guided discovery learning berbantuan media geogebra pada materi persamaan lingkaran kelas XI SMAN 1 Rejotangan Tulungagung terhadap minat sebesar 0,968 sama dengan 82% termasuk tergolong tinggi dan terhadap hasil belajar sebesar 1,159 sama dengan 86% termasuk tergolong tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Geometri |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183186 AFIFAH ANGGRAINI |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 07:14 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 07:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29408 |
Actions (login required)
View Item |