PEMBELAJARAN SECARA DARING DALAM MENINGKATKAN KEEFEKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG DI ERA PANDEMI COVID-19

LUTFIYAH FITRI NUR ILHAMZAH, 12205173106 (2022) PEMBELAJARAN SECARA DARING DALAM MENINGKATKAN KEEFEKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG DI ERA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pembelajaran secara Daring dalam Meningkatkan Keefektifan Belajar Peserta Didik Kelas IV di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini di tulis oleh Lutfiyah Fitri Nur Ilhamzah NIM 12205173106, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag, S.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Keefektifan Belajar, dan Pandemi Covid-19 Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kebijakan baru dari pemerintah yang mengharuskan dari belajar di sekolah menjadi belajar di rumah yang disebut dengan pembelajaran online/daring. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana interaksi guru dan peserta didik dalam pembelajaran secara daring di Kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung diera pandemi Covid-19 ? (2) Bagaimana media pembelajaran secara daring di Kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung di era pandemi covid-19 ? (3) Bagaimana dampak dari pembelajaran secara daring dalam meningkatkan efektifitas belajar Peserta Didik Kelas IV MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung di era pandemi covid-19 ? Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di MI Podorejo Sembergempol Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Pelaksanaan pembelajaran daring di sekolah tingkat dasar memberikan dampak pada proses belajar peserta didik. Dampak dari pembelajaran daring yaitu: (a) Kurangnya semangat belajar peserta didik, (b). Perubahan karakter pada peserta didik, (c) Kurangnya ikatan batin antara guru dengan peserta didik, (d) Menambah wawasan, (e) Peserta didik dapat di pantau oleh orang tuanya secara langsung. (2) Dalam pembelajaran daring sebuah keefektifan belajar peserta didik adalah suatu pencapaian yang harus dicapai untuk menuju ke tujuan pembelajaran, oleh karena itu dalam proses pembelajaran daring di MI Podorejo menggunakan dua jenis pembelajaran daring yakni, pembelajaran Asynchronous Learning dan Pembelajaran Synchronous Learning. (3) Hasil belajar yang diperoleh peserta didik setelah melaksanakan pembelajaran daring cenderung meningkat, namun secara kualitas dari peserta didik cenderung menurun secara pesat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173106 LUTFIYAH FITRI NUR ILHAMZAH
Date Deposited: 02 Sep 2022 04:03
Last Modified: 02 Sep 2022 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29410

Actions (login required)

View Item View Item