IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS 1 DI MI AL – HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

IVA FITLATUL UMMAH, 12205183096 (2022) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS 1 DI MI AL – HIDAYAH 02 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Pembelajaran Demonstrasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas 1 Di MI Al Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Iva Fitlatul Ummah, NIM 12205183096, Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing : Drs. Jani, MM., M. Pd Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Motivasi Belajar, Fiqih Penelitian ini dilatar belakangi bahwa Pendidikan pada era saat ini guru masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah sehingga menjadikan siswa kurang aktif dan kurang memperhatikan guru dalam pembelajaran sehingga menurunkan motivasi siswa dalam belajar. Dengan ini peneliti ingin meneliti masalah metode pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas 1 di MI Al-Hidayah 02 Betak Kalidawir Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana teknik metode pembelajaran demonstrasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas 1 di MI Al-Hidayah 02 Betak tahun pelajaran 2021/2022 ?, (2) Bagaimana evaluasi penerapan metode pembelajaran demonstrasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas 1 di MI Al-Hidayah 02 Betak tahun pelajaran 2021/2022 ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitihan ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan Teknik penerapan metode pembelajaran demonstrasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas 1 di MI Al-Hidayah 02 Betak tahun pelajaran 2021/2022. (2) Untuk mendeskripsikan evaluasiperanan metode pembelajaran demonstrasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas 1 di MI Al-Hidayah 02 Betak tahun pelajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini digunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitihan ini bersifat deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan data informasi yang didasarkan dengan kenyataan (fakta) yang diperoleh dari lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi bertujuan untuk memperoleh kegiatan proses pembelajaran fiqih materi wudhu di kelas 1 MI Al-Hidayah 02 Betak, yang kedua adalah wawancara bertujuan untuk pengumpulan data dengan jalan tanya jawab, metode yang ketiga adalah dokumentasi, tujuannya untuk memperoleh data langsung dari tempat penelitihan berupa foto-foto, buku-buku yang rilevan. Hasil penelitian, (1) Teknik penerapan metode pembelajaran demonstrasi. Guru mempersiapkan alat, selanjutnya siswa diberi materi kemudian mempraktikkan materi yang telah diajarkan dengan praktik siswa lebih semangat dan termotivasi dalam belajar. (2) evaluasi penerapan metode pembelajaran demosntrasi. Setelah melakukan penelitian dapat disimpulkan bahwasanya belajar dengan praktik di sekolah dari total 25 siswa dapat dilihat bahwa semua siswa senang dan termotivasi dalam belajar dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi tersebut dengan ini siswa dapat menerapkan dalam kehidupan sehari – hari tidak hanya di lingkungan sekolah tetapi juga dapat diterapkan di lingkungan keluarga atau di rumah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183096 IVA FITLATUL UMMAH
Date Deposited: 12 Aug 2022 06:31
Last Modified: 12 Aug 2022 06:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29418

Actions (login required)

View Item View Item