UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA MELALUI PERPUSTAKAAN ISLAM DI SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014-2015

UMAMAH, SA’ADATUL (2015) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA MELALUI PERPUSTAKAAN ISLAM DI SMKN 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014-2015. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (416kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Sa’adatul Umamah, NIM. 3211113158, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa Melalui Perpustakaan Islam di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung Tahun Ajaran 2014-2015 ”, yang dibimbing oleh Anissatul Mufarokah,S.Ag., M.Pd., NIP. 19700817 199803 2 001. Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Prestasi, Perpustakaan Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama ini kurang diminati oleh para peserta didik, sedangkan pelajaran kejuruan atau pelajaran informatika (IT) lebih diperhatikan atau diminati para siswa. Oleh karena itu guru pendidikan agama Islam harus mengupayakan agar pembelajarannya harus diperhatikan dan ditingkatkan lagi. Dalam hal ini penulis mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa melalui perpustakaan Islam di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa melalui perpustakaan Islam di SMKN 1 Boyolangu? (2) Bagaimana pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa melalui perpustakaan Islam di SMKN 1 Boyolangu? (3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa melalui perpustakaan Islam di SMKN 1 Boyolangu? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Mengetahui perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa melalui perpustakaan Islam di SMKN 1 Boyolangu. (2) Mengetahui pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa melalui perpustakaan Islam di SMKN 1 Boyolangu. (3) Mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa melalui perpustakaan Islam di SMKN 1 Boyolangu. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan study kasus. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Sumber data diperoleh dari tiga macam sumber data yakni people, place, dan paper. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisianya menggunakan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melaui ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian setelah diadakan analisis mengungkapkan bahwa: (1) perencanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa melalui perpustakaan Islam di SMKN 1 Boyolangu, adalah dengan mempersiapkan Administrasi pembelajaran yang meliputi Silabus, RPP, agenda pembelajaran, absensi siswa, sistem penilaian, PROTA, PROMES, mempersiapkan media dan metode pembelajaran. (2) pelaksanaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa melalui perpustakaan Islam di SMKN 1 Boyolangu adalah dengan mengatur waktu pembelajaran PAI dengan cara 1 jam belajar di perpustakaan Islam dan 2 jam belajar di dalam kelas, menjadwal siswa untuk berkunjung ke perpustakaan Islam untuk mengkaji berbagai buku tentang keIslaman, dan mengikuti kegiatan extrakulikuler PAI. (3) Faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa melalui perpustakaan Islam di SMKN 1 Boyolangu, faktor yang yang mendukung adalah dengan adanya dukungan dari kepala sekolah, guru-guru PAI, tim dari MGMP serta kabupaten, dan adanya antusias siswa dengan didirikannya perpustakaan Islam serta keadaan lingkungan sekolah dan perpustakaan Islam yang bersih dan nyaman. Sedangkan faktor penghambatnya adalah ketergantungan siswa terhadap IT sehingga siswa lebih mementingkan pelajaran kejuruan daripada pelajaran pendidikan agama Islam, Kurangnya pengetahuan agama siswa membuat siswa sulit untuk diarahkan ke pelaksanaan agama. Kurangnya dukungan dari orang tua murid dan lingkungan serta juga tempat perpustakaannya yang kurang luas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SA’ADATUL UMAMAH
Date Deposited: 14 Dec 2015 04:37
Last Modified: 14 Dec 2015 04:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2944

Actions (login required)

View Item View Item