RUDDAT ILAINA ALFA ROHMATIN, 12201183115 (2022) PEMBIASAAN PEMBELAJARAN ILMU TAJWID DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI TAJWID PESERTA DIDIK Di MTs SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (629kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (692kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (901kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (424kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembiasaan Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Meningkatkan Penguasaan Materi Tajwid Peserta Didik di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir” ini ditulis oleh Ruddat Ilaina Alfa Rohmatin, NIM. 12201183115, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dibimbing oleh dosen Dr. Hj. Indah Komsiyah, S.Ag. M.Pd. Kata Kunci : Pembiasaan, Pembelajaran Ilmu Tajwid, Penguasaan Materi Tajwid Penelitian ini dilatar belakangi adanya beberapa dari peserta didik yang kurang mengetahui pengetahuan ilmu tajwid, sebagian peserta didik seperti laki-laki jarang ikut sekolah sore (TPQ/diniyah). Jadi para peserta didik menerima pengetahuan tentang ilmu tajwid hanya di sekolah saja melalui mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, dan pembiasaan pembelajaran ilmu tajwid setiap pagi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman penguasaan materi ilmu tajwid peserta didik. Fokus penelitian dari skripsi ini yaitu, (1) Bagaimana perencanaan pembiasaan pembelajaran ilmu tajwid dalam meningkatkan penguasaan materi tajwid peserta didik di MTs Sunan Kalijogo Kalidawirّ,(2) Bagaimana pelaksanaan pembiasaan pembelajaran ilmu tajwid dalam meningkatkan penguasaan materi tajwid peserta didik di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir, (3) Bagaimana evaluasi pembiasaan pembelajaran ilmu tajwid dalam meningkatkan penguasaan materi tajwid peserta didik di MTs Sunan Kalijogo Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian yaitu : (1) Perencanaan pembiasaan pembelajaran ilmu tajwid dalam meningkatkan penguasaan tajwid yaitu adanya perencanaan yang mengacu dengan RPP, perencanaan kegiatan pembiasaan setiap pagi belajar materi tajwid, mengelompokkan peserta didik yang belum mengetahui tentang ilmu tajwid dan yang lebih mengetahui. (2) Pelaksanaan pembiasaan pembelajaran ilmu tajwid dalam meningkatkan penguasaan tajwid yaitu proses pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah lalu di praktekkan, pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, pembiasaan guru Al-Qur’an Hadits membaca Al-Qur’an sebelum jam pelajarannya dimulai dan menanyai peserta didik terdapat hukum bacaan apa saja di bacaan tersebut. (3) Evaluasi pembiasaan pembelajaran ilmu tajwid dalam meningkatkan penguasaan materi tajwid peserta didik yaitu penilaian dari sikap, penilaian dari ulangan harian dengan memberikan soal-soal pertanyaan, penilaian dari keterampilan dengan tes seperti hafalan. Selanjutnya ada penilaian seperti tes tulis dan tes lisan yang dilakukan setiap ulangan tengah semester dan akhir semester.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183115 RUDDAT ILAINA ALFA ROHMATIN |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 02:49 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 02:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29446 |
Actions (login required)
View Item |