MODEL PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

NURLAILI SA’ADAH, 12201183127 (2022) MODEL PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (566kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas VII Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh NurLaili Sa’adah, NIM. 12201183127, dengan dibimbing oleh dosen Suwanto, M.S.I. Kata Kunci: Pembelajaran, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam Penelitian dalam skrips ini dilatarbelakangi dengan adanya pandemi covid-19. Hal ini mengharuskan semua elemen pendidikan untuk beradaptasi dan melanjutkan pembelajaran. Pada masa pandemi ini waktu, lokasi, jarak, dan situasi kondisi menjadi urgent yang sangat sensitif untuk melakukan suatu kegiatan. Sehingga pembelajaran jarak jauh menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran secara tatap muka. Walaupun dengan keadaan demikian, semua tujuan pembelajaran tetap harus tercapai. SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagaung sebagai salah satu lembaga pendidikan formal yang menerapkan pembelajaran daring maupun pembelajaran tatap muka terbatas. Dalam kondisi ini berbagai upaya dilakukan sekolah untuk dapat melakukan pembelajaran yang efektif dan efisien. Fokus penelitian dari penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Pendekatan Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung?. (2) Bagaimana Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagug?. (3) Bagaimana Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung?. (4) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung, yang berada di Desa Joho, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Dengan teknik pengumpulan data obsrvasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengabsahan data menggunakan triangulasi, memperpanjang pengamatan, dan ketekunan/keajekan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, guru PAI di SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung, bahwa : (1) Pendekatan yang digunakan saat pembelajaran yaitu menggunakan pendekatan saitifik, dimana siswa di suruh mengamati atau memahami suatu materi dan jika memang belum paham siswa diberi ruang untuk menanayakan hal tersebut kepada guru. (2) Adapun metode dimana guru menerangkan materi dan siswa mendengarkan, kemudian metode diskusi dimana penggunaan metode ini membentuk suatu kelompok untuk mendiskusikan suatu materi, dan yang terakhir menggunakan metode tanya jawab yaitu dimana guru bertanya kepada siswa untuk menjawab atau siswa bertanya kepada guru untuk menjawb agar terjadinya timbal balik secara langsung. (3) Adapun media yang dilakukan dengan menggunakan media cetak yaitu seperti menggunakan buku modul pembelajaran. Kemudian media display yaitu menggunakan dengan papan tulis dan spidol. (4) Adapun penggunaan evaluasi yang dilakukan dengan evaluasi pemberian soal tes (kognitif), yaitu berupa soal pilihan ganda atau ulangan harian yang berupa isian, ulangan tengah semester, dan ujian akhir semester. Kemudian observasi pengamatan (afektif), yaitu penilaian berupa sikap, watak, dan karakter siswa ketika sedang pembelajaran di kelas dan perilaku siswa bagaimana akhlak siswa terhadap guru maupun dengan teman-temannya. Dan juga evaluasi praktik, dimana evaluasi ini guru menilai siswa dari keterampilannya, contohya untuk praktik berwudhu atau praktik shalat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183127 NURLAILI SA’ADAH
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:47
Last Modified: 15 Aug 2022 02:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29447

Actions (login required)

View Item View Item