SHOFIYYANTI, RURIN (2015) PENGARUH KECERDASAN NUMERIK DAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTsN TUNGGANGRI. [ Skripsi ]
|
Text
Bagian Depan.pdf Download (757kB) | Preview |
|
Text
BAB 1.pdf Download (275kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (199kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTsN Tunggangri” ini ditulis oleh Rurin Shofiyyanti NIM 3214113142 dibimbing oleh Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Numerik, Kecerdasan Visual-Spasial, Hasil Belajar Matematika Begitu banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa baik faktor yang berasal dari dalam maupun dari luar diri siswa. Salah satu faktor dari dalam diri siswa yaitu faktor kecerdasan (Teori multiple intelligensi ) yang dicetuskan oleh Howard Gardner yang saat ini semakin berkembang. Dari berbagai macam kecerdasan yang dikembangkan, peneliti mengangkat dua kecerdasan yaitu kecerdasan numerik dan kecerdasan visual-spasial karena dalam pelajaran matematika, kita membutuhkan kemampuan untuk berhitung. Selain itu, diperlukan pula kemampuan dalam memahami bentuk-bentuk geometris. Hal ini membutuhkan dua kecerdasan tersebut. Sehingga peneliti ingin melihat pengaruh antara kecerdasan numerik dan kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN Tunggangri. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1)Bagaimana gambaran secara umum tentang kecerdasan numerik, kecerdasan visual-spasial, dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN Tunggangri? (2) Apakah terdapat pengaruh antara kecerdasan numerik terhadap hasil belajar matematika siswa di MTsN Tunggangri? (3) Apakah terdapat pengaruh antara kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN Tunggangri? (4) Apakah terdapat pengaruh antara kecerdasan numerik dan kecerdasan visual-spasial secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa di MTsN Tunggangri? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan gambaran secara umum tentang kecerdasan numerik, kecerdasan visual-spasial, dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN Tunggangri. (2) Untuk mengetahui pengaruh antara kecerdasan numerik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN Tunggangri (3) Untuk mengetahui pengaruh antara kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN Tunggangri (4) Untuk mengetahui pengaruh antara kecerdasan numerik dan kecerdasan visual-spasial secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN Tunggangri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis dalam penelitian ini adalah penelitian korelaisonal. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 387 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik simple random sampling dengan jumlah sampel 193 siswa. Penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mendapatkan nilai kecerdasan numerik, kecerdasan visual-spasial dan hasil belajar matematika siswa. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, visi,misi dan tujuan berdirinya MtsN Tunggangri. Hasil penelitian ini adalah (1) Kecerdasan numerik siswa kelas VIII di MTsN Tunggangri termasuk dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 45,08% pada interval nilai 68-80, kecerdasan visual-spasial siswa termasuk dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 48,19% pada interval nilai 70-81, dan hasil belajar siswa termasuk dalam kategori sedang dengan presentase 40,93% pada interval nilai 72-81. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan numerik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN Tunggangri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai F empirik = 58,93 > F teoritik 3,89, serta nilai r empirik = 0,70 > r teoritik 5%=0,312 maka hipotesis tersebut menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan numerik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN Tunggangri. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN Tunggangri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai F empirik = 243,681 > F teoritik 3,89, serta nilai r empirik = 0,75 > r teoritik 5%=0,312. Maka hipotesis tersebut menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN Tunggangri. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan numerik dan kecerdasan visual-spasial secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN Tunggangri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai F empirik = 144,3> F teoritik 3,04, serta nilai r empirik = 0,77 > r teoritik 5%=0,312. Maka hipotesis tersebut menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan numerik dan kecerdasan visual-spasial secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN Tunggangri. Besarnya pengaruh antara kecerdasan numerik dan kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII diperoleh dari koefisien determinasi R^2 sebesar 60% dan sisanya 40% dipengaruhi varibel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | RURIN SHOFIYYANTI |
Date Deposited: | 17 Dec 2015 02:49 |
Last Modified: | 17 Dec 2015 02:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2945 |
Actions (login required)
View Item |