MUCH. CHAMALUDIN KAMIL, NIM : 12205173233 (2022) IMPLEMENTASI KITAB TA'LIM DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS BAWAH DI MI ALQURAN JABALKAT SAMBIJAJAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Kitab Ta'lim dalam menanamkan Pendidikan Karakter Siswa kelas bawah di MI Alquran Jabalkat Sambijajar Sumbergempol Tulungagung” Ini ditulis oleh Much. Chamaludin Kamil, NIM. 12205173233. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Muh. Nurul Huda, M.A. NIP. 197404082007101003. Kata Kunci: Taklim Muta‟alim, Pendidikan Karakter, MI Alquran Jabalkat. Pendidikan karakter dalam kitab Ta‟lim al-Muta‟allim oleh Burhanuddin al- Zarnuji adalah internalisasi nilai-nilai adab ke dalam pribadi siswa. Internalisasi ini merupakan proses pembangunan jiwa yang berasaskan konsep keimanan. Gagalnya sebuah pendidikan karakter yang terjadi selama ini disebabkan karena minimnya nilai keimanan dan konsep adab. Sehingga, proses pembangunan karakter tersendat bahkan hilang sama sekali. Untuk membentuk penuntut ilmu yang berkarakter dan beradab, maka pendidikan Islam harus mengarahkan target pendidikan pada pembangunan individu yang memahamai tentang kedudukannya, baik kedudukan dihadapan Tuhan, masyarakat, dan dirinya sendiri dengan penanaman/pembiasaan karakter siswa nantiya bisa terbentuk. Fokus penelitian ini ialah (1) Bagaimanakah Implementasi memuliakan ilmu pada kitab ta'lim dalam membentuk karakter siswa kelas bawah di MI Alquran Jabalkat Sambijajar Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimanakah Implementasi wira'i ketika menuntut ilmu pada kitab ta'lim dalam membentuk karakter siswa kelas bawah di MI Alquran Jabalkat Sambijajar Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimanakah Implementasi memuliakan orang yang memiliki ilmu pada kitab ta'lim dalam membentuk karakter siswa kelas bawah di MI Alquran Jabalkat Sambijajar Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni penelitian yang dilaksanakan guna menghasilkan data deskriptif dalam bentuk tulisan, lisan dan perilaku dari subjek yang diteliti. Analisis data penelitian yakni, 1) Pengumpulan data 2) Reduksi data 3) Penyajian data 4) Penarikan kesimpulan.Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini, ialah (1)implementasi memuliakan ilmu dalam pelaksanaanya ternyata mendapatkan tanggapan bagi dari pihak guru maupun wali, namun pelaksananya masih terkendala dengan adanya pihak yang gurang dalam pendampingannya. Dengan di buktikan dengan terbentuknya karakter karakter baik seperti sopan- santun, ta‟zim, disiplin dan tanggung jawab (2) dalam pelaksanan wira‟i masih beberapa saja yang tercapai seperti puasa senin dan kamis saja karena terkendala dalam pengawasan siswa. (3) implementasi memuliakan orang yang berilmu sudah cukup berjalan lancar dengan di tunjukkan dengan hasil sikap hormat siswa terhadap guru baik di dalam kelas dan diluar kelas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173233 Much. Chamaludin Kamil |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 03:01 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 03:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29475 |
Actions (login required)
View Item |