PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON TULUNGAGUNG

NUR AINIE ROSYIDAH, 12209183011 (2022) PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS DI MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS DARUL FALAH BENDILJATI KULON TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan upaya pendidik dalam membantu peserta didik melakukan kegiatan belajar dengan tujuan terwujudnya efisiensi dan efektivitas kegiatan belajar yang dilakukan peserta didik. Akibat adanya pandemic sepersekarang ini maka diterapkannya berbagai kebijakan termasuk yang ada pada bidang pendidikan dengan menerapkan pembelajaran online yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Indonesia. Hal ini lah yang menjadi alasan peneliti melakukan penelitian. Rumusan masalah pada penelitian ini, diantaranya : (1) Bagaimana Pembelajaran Hybrid Learning Pada Mata Pelajaran IPS Di Masa Pandemi Covid-19 Di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung? (2) Bagaimana Hambatan Guru Dalam Pembelajaran Hybrid Learning Pada Mata Pelajaran IPS Di Masa Pandemi Covid-19 Di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung? (3) Bagaimana Hasil dari Pembelajaran Hybrid Learning Pada Mata Pelajaran IPS di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung?. Tujuan dari penelitian ini diantaranya : (1) untuk mengetahui pembelajaran hybrid learning pada mata pelajaran IPS di masa pandemi covid-19 di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung. (2) untuk mengetahui hambatan guru dalam pembelajaran hybrid learning pada mata pelajaran IPS di masa pandemic covid-19 di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung. (3) untuk mengetahui hasil dari pembelajaran hybrid learning pada mata pelajaran IPS di masa pandemi covid-19 di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dimana pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada Waka Kesiswaan, Guru Mata pelajaran IPS dan juga peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran hybrid learning di MTs Darul Falah sudah diterapkan dan untuk hasilnya kurang optimal dan kurang berjalan dengan baik karena ada beberapa hambatan seperti kendala jaringan internet, kurangnya kesiapan materi untuk peserta didik, dan kurangnya komunikasi antara guru dengan peserta didik. Karena saat pemeblajaran online cenderung hanya diberikan materi tanpa dijelaskan dan hanya diberikan tugas, hal ini yang menyebabkan peserta didik kurang memahami materi dan jenuh saat pembelajaran online.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209183011 NUR AINIE ROSYIDAH
Date Deposited: 18 Aug 2022 06:24
Last Modified: 18 Aug 2022 06:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29494

Actions (login required)

View Item View Item