PENGARUH MEDIA GAMBAR KARIKATUR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII MTsN 7 TULUNGAGUNG

ZUYYINA KAUSARIL AMALIA, 12210183006 (2022) PENGARUH MEDIA GAMBAR KARIKATUR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII MTsN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)

Abstract

Zuyyina Kausaril Amalia, 2022, NIM 12210183006. “Pengaruh Media Gambar Karikatur Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII MTsN 7 Tulungagung” Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata Kunci: Media pembelajaran, Kemampuan menulis, Gambar karikatur Pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 menekankan pada bentuk pembelajaran berbasis teks. Salah satu jenis pembelajaran berbasis teks adalah pembelajaran menulis puisi. Menulis puisi perlu mendapatkan perhatian khusus disebabkan oleh kemampuan siswa dalam menulis puisi itu masih tergolong rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan media tertentu yang nanti dapat kemudian digunakan sebagai sarana untuk merangsang siswa agar dapat menulis puisi. Media karikatur terbukti efektif dalam pengunaannya sebagai media mengekspresikan isi hati dalam bentuk tulisan seperti menulis teks karangan dan teks-teks kreatif lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa efektif kah media karikatur ini dalam pembelajaran menulis puisi Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksperimen semu (Quasi Experiment Design) dengan bentuk desain pretest-posttest contol-experiment group. Penelitian ini menerapkan media gambar karikatur untuk kelompok eksperimen dan metode ceramah pada kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, sehingga didapatkan kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis puisi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan Uji N-gain. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji-t (t-test) pada uji hipotesis dimana diperoleh harga sig. (2tailed) = 0,000 lebih kecil dari 0,05, atau H0 ditolak. Dengan ditolaknya H0 maka Ha diterima. membuktikan bahwa penggunaan media gambar karikatur efektif terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung ditunjukkan dengan hasil belajar kelas eksperimen sebesar (56.34% N-Gain > 40%) berada pada kategori cukup efektif sedangkan pada kelas kontrol sebesar (3,45% N-Gain < 40%) berada pada kategori tidak efektif. Dengan kesimpulan, penggunaan media gambar karikatur berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII MTsN 7 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: ZUYYINA KAUSARIL AMALIA
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:56
Last Modified: 15 Aug 2022 02:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29498

Actions (login required)

View Item View Item