Penerapan Model Pembelajaran Koopetarif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V MI Hidayatul Mubtadi’in Sumbergempol Tulungagung

Risalistiana, Novi (2014) Penerapan Model Pembelajaran Koopetarif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V MI Hidayatul Mubtadi’in Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover dst....pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (143kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Prestasi Belajar Siswa, Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Indikator rendahnya prestasi belajar siswa khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah siswa kurang tertarik terhadap mata pelajaran IPS. Hal ini terbukti bahwa siswa enggan membaca karena materinya yang cukup luas, daya ingat siswa rendah sehingga mereka sulit untuk menghafal. Siswa suka ramai dan bermain sendiri ketika proses pembelajaran berlangsung. Hal ini ditambah dengan fakta bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan di MI Hidayatul Mubtadi’in Sumbergempol Tulungagung masih menggunakan paradigma lama, yaitu masih sering menerapkan metode pembelajaran konvensional seperti ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Sehingga tidak menutup kemungkinan prestasi belajar yang dicapai siswa masih banyak yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memiliki banyak kelebihan yang pada dasarnya dapat mengatasi permasalahan tersebut. Diharapkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas lima MI Hidayatul Mubtadi’in Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana prestasi belajar yang diperoleh siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas lima MI Hidayatul Mubtadi’in Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk menjelaskan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas lima MI Hidayatul Mubtadi’in Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. (2) Untuk mendeskripsikan prestasi belajar yang diperoleh siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas lima MI Hidayatul Mubtadi’in Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Proses pelaksanaan xix tindakan kelas meliputi: tahap perencanan (planning), (2) tahap pelaksanaan (acting), (3) tahap observasi (observing), dan (4) tahap refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Observasi digunakan untuk mengamati kegiatan peneliti dan siswa dalam proses pembelajaran. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar siswa. Wawancara digunakan untuk memperoleh data berupa respon siswa, keadaan siswa dan guru. Dokumentasi digunakan untuk memperkuat penelitian. Sedangkan catatan lapangan digunakan untuk mencatat hal-hal penting yang belum tercatat pada lembar observasi. Setelah peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, akhirnya dapat ditarik kesimpulan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas lima MI Hidayatul Mubtadi’in Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata-rata siswa 57,5 dengan persentase ketuntasan belajar 28,58% (pre test), meningkat menjadi 70,72 dengan persentase ketuntasan belajar 57,15% (post test siklus I), dan meningkat lagi menjadi 86,08 dengan persentase ketuntasan belajar 92,85% (post test siklus II). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas lima MI Hidayatul Mubtadi’in Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 03 Dec 2014 03:00
Last Modified: 03 Dec 2014 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item View Item