PENGARUH PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DENGAN BANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 7 MTSN 5 TULUNGAGUNG PADA SOAL BILANGAN

DHARIS SALAMAH, 12204183026 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN TEAM QUIZ DENGAN BANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 7 MTSN 5 TULUNGAGUNG PADA SOAL BILANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)

Abstract

Dharis Salamah, 12204183026, 2022, “Pengaruh Pembelajaran Team Quiz dengan Bantuan Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas 7 MTsN 5 Tulungagung Pada Soal Bilangan”, Dosen Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Pembelajaran Team Quiz dengan Bantuan Aplikasi Quizizz, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, soal bilangan Motivasi dan hasil belajar adalah dua hal yang diperlukan oleh siswa dalam melakukan proses pembelajaran. Jika motivasi belajar siswa tinggi, maka akan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa, sehingga terdapat hubungan timbal balik antara motivasi dengan hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah pembelajaran team quiz dengan bantuan aplikasi quizizz. Aplikasi kuis ini menyediakan kuis soal-soal sesuai dengan tema yang dicari pengguna dalam icon pencarian, selain itu pengguna juga bisa membuat kuis sendiri pada fitur buat soal yang telah disediakan. Seperti contoh pada soal bilangan, aplikasi kuis telah memiliki koleksi soal bilangan yang bervariasi, disamping itu ada ftur edit yang dapat digunakan untuk mengubah soal untuk disesuaikan dengan indikator materi. Melalui model ini motivasi dan hasil belajar siswa menjadi meningkat. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pembelajaran team quiz dengan bantuan aplikasi quizizz terhadap motivasi belajar, pengaruh pembelajaran team quiz dengan bantuan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar, pengaruh pembelajaran team quiz dengan bantuan aplikasi quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas 7 MTsN 5 Tulungagung pada soal bilangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian quasi experiment dengan desain Pretest-Posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 5 Tulungagung. Dari populasi tersebut diambil sampel kelas VII F sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan kelas VII G sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji manova. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran team quiz dengan bantuan aplikasi quizizz terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTsN 5 Tulungagung pada soal bilangan, dengan nilai signifikan 0,012< 0,05, sehingga H0 ditolak H1 diterima (2) Ada pengaruh model pembelajaran team quiz dengan bantuan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 5 Tulungagung pada soal bilangan dengan nilai signifikan 0,008< 0,05, sehingga H0 ditolak H1 diterima. (3) Ada pengaruh model pembelajaran team quiz dengan bantuan aplikasi quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII MTsN 5 Tulungagung pada soal bilangan, dengan nilai signifikan 0,002< 0,05, sehingga H0 ditolak H1 diterima

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183026 DHARIS SALAMAH
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:50
Last Modified: 15 Aug 2022 04:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29500

Actions (login required)

View Item View Item