STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOPAN SANTUN MELALUI PEMBIASAAN BERBAHASA JAWA KRAMA MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL

DWI FITRI FATMAWATI, 12205183105 (2022) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SOPAN SANTUN MELALUI PEMBIASAAN BERBAHASA JAWA KRAMA MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada gambaran kontekstual di MI Riyadlotul Uqul Doroampel bahwa penggunaan Bahasa Jawa semakin memudar. Peserta didik sulit membedakan bagaimana bertutur kata dengan teman dan dengan guru pada saat komunikasi, siswa sering menggunakan Bahasa Jawa yang tidak sesuai dengan kaidah atau unggah-ungguh Bahasa Jawa serta sehingga siswa dianggap tidak mempunyai tata krama atau sopan santun kepada orang yang lebih tua. Rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana perencanaan guru dalam membentuk karakter sopan santun melalui pembiasaan berbahasa Jawa krama MI Riyadlotul Uqul Doroampel? 2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam membentuk karakter sopan santun melalui pembiasaan berbahasa Jawa krama MI Riyadlotul Uqul Doroampel? 3) Bagaimana evaluasi guru dalam membentuk karakter sopan santun melalui pembiasaan berbahasa Jawa krama MI Riyadlotul Uqul Doroampel? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini jika ditinjau dari lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian skripsi ini adalah 1) Perencanaan guru dalam membentuk karakter sopan santun melalui pembiasaan berbahasa Jawa krama MI Riyadlotul Uqul Doroampel dilakukan dengan: a) Guru merancang jenis-jenis kegiatan yang merealisasikan pembentukan karakter siswa, b) mengembangkan pelaksanaan kegiatan sesuai arah karakter, c) Guru mempersiapkan RPP terkait nilai-nilai karakter yang ingin dicapai, d) Guru mengembangkan materi pelajaran yang mencerminkan pembentukan karakter, e) menyiapkan fasilitas pendukung untuk program pembentukan karakter dalam bentuk poster-poster di dinding. 2) Pelaksanaan guru dalam membentuk karakter sopan santun melalui pembiasaan berbahasa Jawa krama MI Riyadlotul Uqul Doroampel dilakukan dengan: a) mengintegrasikan ke dalam mata pelajaran yaitu Bahasa Jawa dimana siswa diharuskan untuk berbahasa Jawa krama ketika pembelajaran, b) mengintegrasikan ke dalam kegiatan sehari-hari seperti menyapa guru dan bersalaman, membungkukkan badan ketika lewat di depan Bapak/Ibu guru dan mengucapkan nyuwun sewu, menata sepatu guru ke rak, c) mengintegrasikan ke dalam kegiatan terprogram yaitu pembiasaan berbahasa Jawa krama dilaksanakan setiap hari senin sampai sabtu. d) komunikasi dan kerjasama yang dilakukan sesama guru maupun dengan orang tua peserta didik dalam membiasakan berbahasa Jawa krama. 3) Evaluasi guru dalam membentuk karakter sopan santun melalui pembiasaan berbahasa Jawa krama MI Riyadlotul Uqul Doroampel dilakukan melalui pengamatan terhadap tutur kata dan sikap siswa selama di lingkungan sekolah yang kemudian di input ke dalam penilaian sikap.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183105 DWI FITRI FATMAWATI
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:44
Last Modified: 31 Aug 2022 03:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29504

Actions (login required)

View Item View Item