UMI ROSIDATUL MUNAWAROH, 12206183021 (2022) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMAHAMAN BAHASA RESEPTIF DAN EKSPRESIF ANAK USIA DINI DI TK NURUL AZHAAR NGEPEH BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (196kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (184kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (130kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Bermain Peran Dalam Pemahaman Bahasa Reseptif dan Ekspresif Anak Usia Dini Di TK Nurul Azhaar Desa Ngepeh Bandung Tulungagung.” ini ditulis oleh Umi Rosidatul Munawaroh, NIM 12206183021, pembimbing Errifa Susilo, M.Pd. Kata Kunci : Bermain peran, Bahasa Reseptif, Bahasa Ekspresif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Era globalisasi yang didominasi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dimana membutuhkan invidu yang bukan hanya cerdas secara kognitif namun juga harus cerdas secara bahasa baik verbal ataupun non verbal. Oleh sebab itu keterampilan berbicara dan berbahasa harus dimiliki semua orang, bagaimana individu satu dan individu lain berinteraksi satu sama lain dimanapun dibelahan bumi ini menjadikan keterampilan berbahasa sangat penting. Bahasa juga merupakan salah satu aspek yang dikembangkan dalam pendidikan anak usia dini. Bahasa adalah salah satu faktor mendasar yang menjadi pembeda antara manusia dengan hewan. Bahasa sebagai anugerah yang menjadikan individu dapat hidup bersama dengan orang lain, membantu memecahkan masalah, dan memposisikan diri sebagai makhluk yang berbudaya.dan hal itu dapat distimulus dengan bermain, salah satunya bermain peran. Melalui metode bermain peran anak usia dini menangkap lebih cepat pembelajaran serta lebih efektif untuk mengembangkan daya kreativitas dan imajinasi anak. Adapun rumusan masalah berdasarkan identifikasi masalah dari penelitian ini ada dua: pertama, Apakah ada pengaruh metode bermain peran dalam pemahaman Bahasa Reseptif anak usia dini di TK Nurul Azhaar ?, kedua, Apakah ada pengaruh metode bermain peran dalam pemahaman Bahasa Ekspresif anak usia dini di TK Nurul Azhaar ?. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kuantitatif. Ditinjau dari segi tempat dilaksanakannya penelitian, penelitian ini merupakan penelitian kelas dan bersifat eksperimental maka yang akan digunakan, yakni jenis penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan teknik perlakuan pre test dan post test. Hasil dari penelitian ini adalah: pertama, terdapat pengaruh signifikan terhadap kemampuan Bahasa reseptif dan ekspresif anak usia dini di TK Nurul Azhaar Ngepeh Bandung Tulungagung. Hasil analisis uji t Independent t.test hasil post-test dengan nilai t hitung adalah 0,05 dengan signifikan Y1 0,000 dan Y2 0,001. Hal itu juga didukung oleh nilai mean kelas eksperimen Y1sebesar 17.3077 dan Y2 sebesar 26.6923, sehingga, dapat disimpulkan bahwa kedua varian post test kelas eksperimen dinyatakan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > PAUD Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206183021 UMI ROSIDATUL MUNAWAROH |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 01:20 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 01:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29509 |
Actions (login required)
View Item |