INTERNALISASI NILAI-NILAI ASWAJA AN-NAHDLIYAH MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN DALAM MEMBENTUK SIKAP MODERAT (Studi Multi Situs di PPHM Asrama Putra Sunan Gunung Jati Ngunut dan Pondok Pesantren Panggung Tulungagung).

ANSOR FERI MAHMUDI, 12506194010 (2021) INTERNALISASI NILAI-NILAI ASWAJA AN-NAHDLIYAH MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN DALAM MEMBENTUK SIKAP MODERAT (Studi Multi Situs di PPHM Asrama Putra Sunan Gunung Jati Ngunut dan Pondok Pesantren Panggung Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan judul “Internalisasi Nilai-Nilai Aswaja An-Nahdliyah Melalui Pendidikan Berbasis Pesantren dalam Membentuk Sikap Moderat (Studi Multi Situs di PPHM Asrama Putra Sunan Gunung Jati Ngunut dan Pondok Pesantren Panggung Tulungagung)” ditulis oleh Ansor Feri Mahmudi, dengan bimbingan oleh Prof. Dr. Imam Fuadi, M.Ag. dan Dr. H. Imam Junaris, S.Ag., M.H.I. Kata kunci: Nilai Aswaja, Pendidikan Pesantren, Sikap Moderat Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena paham radikalisme dan liberalisme yang menyebar luas di era globalisasi. Berkaitan dengan hal tersebut pesantren memiliki peran strategis yang mampu mengcounter fenomena tersebut dengan menamkan nilai-nilai ahlusunah waljamaah membentuk kepribadian yang moderat kepada santri sebgai generasi bangsa Indonesia. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana pengajaran nilai aswaja melalui pendidikan berbasis pesantren dalam membentuk sikap moderat di PPHM Asrama Putra Sunan Gunung Jati Ngunut dan Pondok Pesantren Panggung Tulungagung ?; (2) Bagaimana peneladanan nilai aswaja melalui pendidikan berbasis pesantren dalam membentuk sikap moderat di PPHM Asrama Putra Sunan Gunung Jati Ngunut dan Pondok Pesantren Panggung Tulungagung ?; (3) Bagaimana dampak internalisasi nilai aswaja melalui pendidikan berbasis pesantren dalam membentuk sikap moderat di PPHM Asrama Putra Sunan Gunung Jati Ngunut dan Pondok Pesantren Panggung Tulungagung ? Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara (interview), pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian kemudia dianalisis dengan metode kualitatif kemudian disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini berkesimpulan bahwa: (1) Internalisasi dilakukan melalui pengajaran nilai-nilai aswaja yaitu nilai tasamuh, tawasuth, tawazun, dan amar ma’ruf nahi munkar, di pondok pesantren dengan menggunakan metode pengajian, ceramah, syawir atau bahtsul masail, serta menggunakan sumber dan media pengajaran berupa kitab-kitab klasik bahasa arab karangan ulama yang menganut paham ahlisunnah wal jamaah. (2) Peneladanan nilai-nilai aswaja sebagai metode dalam tahapan internalisasi dilakukan oleh Kiyai atau pengasuh pondok pesantren, dan para ustad dalam perilaku atau aklhakul karimah sehari-hari, serta penerapan atas nilai-nilai yang sudah diajarkan dan diteladankan kepada para asantri dilakukan dalam bentuk pembiasan yang ada di pondok pesantren. (3) Terbentuknya sikap moderat santri atau tasawuthiyah merupakan dampak dari internalisasi nilai tasamuh, tawasuth, tawazun dan amar ma’ruf nahi munkar, yang diinternalisasikan di pondok pesantren. Santri atau peserta didik menjadi seperti yang ia ketahu (being), yaitu sikap tidak keberpihakkan kepada paham yang ekstrem radikal atau sebaliknya yang liberal.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Nahdlatul Ulama
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa 12506194010 Ansor Feri Mahmudi
Date Deposited: 02 Sep 2022 06:39
Last Modified: 02 Sep 2022 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29520

Actions (login required)

View Item View Item