NIKMATUR ROHMAH, 1221113007 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI GELOMBANG BUNYI SISWA KELAS XI MA AL-KHOIRIYAH MANTUP. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (691kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (999kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (386kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (966kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelarjaran problem based learning berbasis multimedia terhadap keaktifan dan hasi belajar siswa kelas XII MA Al-khoiriyah Mantup” ini ditulis oleh Nikmatur Rohmah, NIM. 12211183007, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, di bimbing oleh mohammad Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd Kata Kunci : Problem based learning, keaktifan Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kurang memperhatikan saat guru mengajar dan siswa beranggapan mata pelajaran fisika sulit terutama dalam memahami dan menghafal rumus-rumusnya. Hal tersebut menandakan bahwa keaktifan belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika sangatlah kurang. Selain itu, hasil belajar siswa juga cukup rendah. Dibuktikan dengan nilai yang didapat siswa ketika mengerjakan soal fisika cukup rendah karena kurangnya pemahaman siswa pada soal dan ketika menyelesaikan soal secara matematis dengan menggunakan rumus. Pada mata pelajaran fisika siswa mengalami kesulitan pada materi cermin cekung yaitu pada pembahasan sinar istimewa dan menyelesaikan soal dengan menggunakan rumus. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis multimedia terhadap keaktifan belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI MA Al-khoriyah Mantup. (2) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis multimedia terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI MA Al-khoriyah Mantup. (3) Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis multimedia terhadap keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI MA Al�khoriyah Mantup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang diguanakan adalah eksperimen. Desain eksperimen yang dipilih pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Bentuk desain Quasi Eksperimen yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Al-khoiriyah Mantup tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 105 siswa. sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas XI A MA Al-khoiriyah Mantup sebagai kelas kontrol dan kelas XI B MA Al�khoiriyah Mantup sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan tiga uji yaitu (1) Uji Instrumen (Uji Validitas dan Uji Reliabilitas). (2) Uji Prasyarat (Uji Normalitas dan Uji Homogenitas). (3) Uji Hipotesis (Uji N-Gain Score, Uji T dan Uji MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis multimedia terhadap keaktifan belajar siswa pada materi gelombang bunyi kelas XI MA Al-khoriyah Mantup dengan perolehan hasil Uji T menunjukkan nilai signifikasi lebih kecil dari dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan H
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211183007 Nikmatur Rohmah |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 02:28 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 02:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29531 |
Actions (login required)
View Item |