IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HOLISTIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Multisitus di SMP Islam As Syafi’ah Nganjuk dan SMP Islam Al A’la Nganjuk)

RIFQI PUTRA MAHENDRA, 128506203028 (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HOLISTIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Multisitus di SMP Islam As Syafi’ah Nganjuk dan SMP Islam Al A’la Nganjuk). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Pembelajaran Holistik Dalam Pendidikan Agama Islam (Studi Multisitus di SMP Islam As Syafi’ah dan SMP Islam AL A’la Nganjuk ” ini ditulis oleh Rifqi Putra Mahendra, dengan dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. dan Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Holistik, Pendidikan Agama Islam Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh sebuah banyaknya fenomena-fenomena pelaksanaan pendidikan saat ini cenderung mengutamakan aspek kognitif dan kurang memperhatikan aspek spiritual, emosional, keterampilan. Pendidikan terlampau mengutamakan kecerdasan intelektual. Akibatnya output dan outcome pendidikan menjadi parsial. Kondisi ini disebabkan oleh kensep pendidikan yang terlalu mengikuti cara pandangan barat dan kurang melibatkan pendekatan agama dan filsafat. Konsep pendidikan yang diterapkan saat ini terkadang hanya berdasarkan pada pendekatan keilmuan tertentu saja. Seperti pendekatan psikologi, ekonomi, sosial yang juga sangat parsial. Keadaan ini menyebabkan pendidikan menjadi terfragmentasi, mengingat setiap keilmuan cenderung bersifat spesifik, dan mengutamakan pendekatannya sendiri. Hal ini berbeda dengan pendekatan agama (Islam) yang melihat suatu masalah secara utuh sebagai sebuah sistem yang hidup dan terintegrasi, terrelasi dan terkoneksi. Oleh karena itu, gagasan pendidikan yang bersifat holistik yang berdasarkan pada pendekatan agama penting dilakukan. Hal yang demikian terjadi, karena hanya agama (Islam) yang memiliki pandangan yang holistik. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana penerapan aspek kognitif, spiritual, emosional, dan keterampilan pembelajaran holistik dalam pendidikan agama islam di SMP Islam As-Syafi’ah Nganjuk dan SMP Islam Al A’la Nganjuk? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembelajaran holistik dalam pendidikan agama islam di SMP Islam As-Syafi’ah Nganjuk dan SMP Islam Al A’la Nganjuk? (3) Bagaimana tujuan pembelajaran holistik dalam pendidikan agama islam di SMP Islam As-Syafi’ah Nganjuk dan SMP Islam Al A’la Nganjuk? Tujuan penulisan tesis ini: (1) Mendiskripsikan penerapan aspek kognitif, spiritual, emosional, dan keterampilan pembelajaran holistik dalam pendidikan agama islam di SMP Islam As-Syafi’ah Nganjuk dan SMP Islam Al A’la Nganjuk. (2) Mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran holistik dalam pendidikan agama islam di SMP Islam As-Syafi’ah Nganjuk dan SMP Islam Al A’la Nganjuk. (3) Mendiskripsikan tujuan pembelajaran holistik dalam pendidikan agama islam di SMP Islam As-Syafi’ah Nganjuk dan SMP Islam Al A’la Nganjuk Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi multi situs yang digali dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan metode lintas situs. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan, bahwa:(1) Penerapan pembelajaran holistik dalam pendidikan agama islam di SMP Islam As Syafi’ah Nganjuk dan SMP Islam AL A’la Nganjuk, bahwasannya pembelajaran holistik mengembangkan seluiruh potensi peserta didik tidak hanya dari segi kognitifnya saja tetapi mencangkup spiritual, emosional, keterampilan. Adapun aspek yang pertama kognitif yaitu guru mengadakan pembelajaran aktif di dalam kelas, gurumengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait materi jika ada yang belum dipahami, mengingatkan peserta didik untuk menambah setoran hafalan ayat al quran terkait materi, melakukan penilaian atau evaluasi. Penilaian proses belajar yang dilakukan setiap pertemuan pembelajaran dan penilaian hasil belajar yang mencakup penilaian harian, PTS dan PAS, refleksi diri. Kedua aspek spiritual yaitu guru membimbing nilai-nilai spiritual di sekolah misalnya sholat dhuhur berjamaah dan dhuha dan kultum saat ramadhan, adanya kegiatan ziarah wali dan ziarah ke pendiri pondok, serta adanya kegiatan sholawatan dalam rangka hari besar islam. ketiga aspek emosional guru mengajarkan peserta didik untuk tolong menolong antar sesama hal ini salah satunya di terapkan ketika ada teman yang sakit atau kena musibah mereka patungan untuk menyumbang dana selain itu guru mengajarkan sikap rendah hati tidak menyombongkan diri karena ilmu yang dimiliki, guru mengingatkan peserta didik agar tidak melakukan perbuatan negatif, guru melatih kepercayaan diri siswa dengan menyampaikan hasil diskusi di depan kelas dan melibatkan siswa dalam dalam mengikuti perlombaan keagamaan baik di sekolah maupun di luar sekolah. . Ke empat aspek keterampilan adanya pelatihan BTA (baca tulis al quran ), serta adanya kegiatan extrakurikuler sebagai wadah untuk menyalurkan bakat atau potensi seperti pramuka, kaligrafi, hadrah, arabic club, MBK (mahir baca kitab), olahraga footsal,volly serta bimbingan belajar matematika. (2) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran holistik dalam pendidikan agama islam di SMP Islam As-Syafi’ah Nganjuk dan SMP Islam Al A’la Nganjuk yaitu dari segi faktor pendukungnya terdiri dari budaya sekolah, minat belajar siswa, interaksi yang baik antara guru dan peserta didik, adanya kegiatan ekstrakurikuler keagaamaan, sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu waktu yang terbatas, persiapan guru yang kurang maksimal. (3) Tujuan pembelajaran holistik dalam pendidikan agama islam di SMP Islam As-Syafi’ah Nganjuk dan SMP Islam Al A’la Nganjuk yaitu menjadikan manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mendiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 128506203028 RIFQI PUTRA MAHENDRA
Date Deposited: 18 Aug 2022 01:51
Last Modified: 18 Aug 2022 01:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29541

Actions (login required)

View Item View Item