ANALISIS PENGGUNAAN RAGAM BAHASA DALAM KOMUNIKASI LISAN SISWA KELAS XI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR

ROFIANA PUTRI, 12210183122 (2022) ANALISIS PENGGUNAAN RAGAM BAHASA DALAM KOMUNIKASI LISAN SISWA KELAS XI MA DARUL HUDA WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Penggunaan Ragam Bahasa dalam Komunikasi Lisan Siswa Kelas XI MA Darul Huda Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Rofiana Putri, NIM 12210183122, pembimbing Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata Kunci : Penggunaan, Ragam Bahasa, Komunikasi Lisan Bahasa adalah alat komunikasi manusia. Melalui bahasa manusia dapat saling berhubungan atau berkomunikasi, saling berbagi pengalaman, saling berlatih dari yang lain, dan meningkatkan kemampuan intelektual. Dalam berkomunikasi terjadi keragaman bahasa ini bukan hanya disebabkan oleh penuturnya heterogen, tetapi juga karena kegiatan interaksi sosial yang manusia lakukan sangat beragam. Manusia menggunakan berbagai variasi bahasa yang digunakan, begitupun di sekolah dalam berkomunikasi siswa dan guru menggunakan variasi bahasa yang beragam, penggunaan ragam bahasa situasi sekolah MA Darul Huda Wonodadi Blitar penggunaan ragam beku dan ragam resmi di sekolah yang jarang digunakan siswa, siswa cenderung menggunakan ragam santai untuk berkomunikasi. Di luar kenyataan masih ada kemungkinan muncul ragam beku dan resmi yang digunakan siswa berkomunikasi di sekolah dengan melihat faktor penyebab munculnya ragam bahasa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan wujud jenis ragam dan faktor munculnya ragam bahasa saat berlangsungnya pembelajaran dan di luar pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa tuturan siswa yang berwujud kata, kalimat, atau rangkaian kalimat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak. Metode simak yang digunakan adalah metode simak dengan teknik dasar sadap. Teknik analisis data dilakukan melalui tahap transkripsi, klasifikasi, reduksi data, koding, identifikasi, penyajian, dan menarik simpulan. Adapun hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut. Pertama, wujud jenis penggunaan ragam bahasa di kelas XI MA Darul Huda Wonodadi Blitar ditemukan empat jenis ragam bahasa. Ragam bahasa yang digunakan tersebut adalah ragam resmi, ragam usaha, ragam santai dan ragam akrab. Ragam beku tidak dtemukan disebabkan oleh situasi di sekolah pada saat penelitian tidak diadakan kegiatan upacara bendera. Ragam baku cenderung digunakan pada kegiatan upacara bendera yang ada di sekolah. Sementara itu, Ragam resmi ditemukan pada proses interaksi guru dan siswa pada pembelajaran. Akan tetapi, pada proses pembelajaran muncul ragam bahasa lain, yaitu ragam usaha dan ragam santai. Ragam akrab mucul saat di luar pembelajaran ketika siswa sesama siswa sedang berkomunikasi lebih intens.digunakan berkomunikasi siswa dengan guru pada berlangsungnya pembelajaran. Kedua, faktor yang menyebabkan munculnya adalah faktor waktu, faktor tempat, faktor sosialkultural, faktor situasi dan faktor medium penggunaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: ROFIANA PUTRI
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:48
Last Modified: 16 Aug 2022 04:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29562

Actions (login required)

View Item View Item