MANAJENEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MA MA’ARIF PONGGOK S PEMBELAJARAN DI MA MA’ARIF PONGGOK S PEMBELAJARAN DI MA MA’ARIF PONGGOK BLITAR

MUHAMMAD KHOIRUL ANAM, 12207183042 (2022) MANAJENEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MA MA’ARIF PONGGOK S PEMBELAJARAN DI MA MA’ARIF PONGGOK S PEMBELAJARAN DI MA MA’ARIF PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MA Ma’arif Ponggok Blitar” yang ditulis oleh Muhammad Khoirul Anam, NIM 12207183042, Dosen pembimbing Bapak Moh. Mashudi, M. Pd. I. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Kualitas Pembelajaran Pembelajaran dapat diartikan sebagai sebuah usaha mempengaruhi emosi, intelektual, dan spiritual seseorang agar mau belajar dengan kehendaknya sendiri. Melalui pembelajaran akan terjadi proses pengembangan moral keagamaan, aktivitas, dan kreativitas peserta didik melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar. Maka dari iyu perlu adanya manajemen kurikulum agar sistem pendidikan di suatu lembaga pendidikan dapat tertata dengan befektif dan efisien. Fokus masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan Manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, 2) Bagaimana pelaksanaan Manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, 3) Bagaimana evaluasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajran. Dengan tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan Manajemen Kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Manajemen Kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi Manajemen Kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, serta menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) perencanaan Manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, Perencanaan kurikulum secara umum denga mengadakan EDM dengan melibatkan kepala madrasah, wakil kepala madrasah, tenaga pendidik dan kependidikan dan juga melibatkan komite. Sedangkan jika lebih di spesifikkan terdapat perencanaan secara internal dan eksternal. Pertama, perencanaan secara internal yaitu dengan mengadakan rapat koordinasi yang membahas perencanaan kurikulum terkait dengan perangkat pembelajaran, penyusunan kalender akademik, pembagian guru mengajar dan halhal lainnya yang berkaitan dengan kurikulum. Kedua, perencanaan eksternal yaitu dengan mengundang tim ahli dan akademisi, kemudian mengadakan kegiatan merencanakan pembelajaran terkait modul pembelajaran untuk setiap guru mata pelajaran. 2) pelaksanaan Manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, Pelaksanaan kurikulum yang dilakukan oleh lembaga dalam menuju proses yang lebih baik dari segi pembelajarannya atau kelembagaanya diantaranya yaitu a) adanya pengecekan kearsipan guru terkait perangkat pembelajaran dan interaksi yang berlangsung dalam proses pembelajaran atau di jam istirahat. Untuk pengecekan perangkat pembelajaran dilakukan oleh kepala madrasah, selain itu adanya pengecekan setiap hari melalui guru piket dan absensi guru. sedangkan interaksi guru saat proses pembelajaran dengan peserta didik menyesuaikan dengan visi misi madrasah, kebutuhan siswa, dan perkembangan zaman. b) kemudian dalam proses pembelajaran berlangsung akan di supervisi oleh kepala madrasah baik secara tiba-tiba maupun terprogram atau terjadwalkan secara bergantian dari kelas ke kelas, yang nantinya dilanjut dengan kegiatan refleksi. c) penanaman nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran. d) adanya pembiasaan ubudiyah dan bimbingan program kitab kuning. 3) evaluasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, Evaluasi yang dilakukan oleh MA Ma’arif Ponggok Blitar menggunakan dua metode dalam evaluasi yaitu evaluasi sumatif dan formatif untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi yang telah diajarkan dan sejauh mana guru mengajarkan kurikulum sesuai standartnya atau tidak. Evaluasi formatif dilakukan dengan mengadakan ujian harian setiap kompetensi dasar atau setiap bab untuk mengetahui kemampuan siswa dalam setiap materi. Kemudian evaluasi sumatif dengan dilakukannya ujian PTS (Penilaian Tengah Semester), PAS (Penilaian Akhir Semester), PAT (Penilaian Akhir Tahun). Kemudian hasilnya ditulis dalam raport.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen Dakwah
Masyarakat Islam
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 12207183042 MUHAMMAD KHOIRUL ANAM
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:48
Last Modified: 16 Aug 2022 07:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29569

Actions (login required)

View Item View Item