NISWATUL AZIZAH LI’AINI FARIHA, 12210183086 (2022) PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X DI MA DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (761kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (128kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (128kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa kelas X di MA Darul Hikmah Tulungagung” ditulis oleh Niswatul Azizah Li’aini Fariha, NIM 12210183086, Program Studi Tadris Indonesia, Fakultas Tarbiyyah dan Ilmu Keguruan, Pembimbing: Titik Dwi Ramthi Hakim, M.Pd. Kata Kunci: Metode, project based learning, pembelajaran, teks biografi. Pembelajaran keterampilan menulis merupakan pembelajaran yang memerlukan perhatian khusus. Seringkali pembelajaran keterampilan menulis dikemas dengan pembelajaran menggunakan metode ceramah, tanpa melakukan praktik menulis. Kurangnya praktik menulis menjadikan siswa kesulitan saat menuangkan gagasan tertulis. Pemilihan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa. Melihat hal tersebut, bahwa pembelajaran menulis sangat diperlukan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengkaji penerapan metode Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X di MA Darul Hikmah Tulungagung. Latar belakang masalah penelitian ini berdasarkan adanya masalah pembelajaran menulis teks biografi. Kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X-IPS B tergolong masih rendah. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-IPS B yang terdiri dari 29 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah proses dan hasil penelitian dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan pembelajaran menggunakan metode Project Based Learning. Setiap siklus terdiri dari empat tahap perencanaan, tahap tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Keberhasilan penelitian dilihat dari peningkatan proses dan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks biografi menggunakan metode Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks biografi siswa. Peningkatan proses terlihat pada keaktifan, antusias, dan semangat siswa selama pembelajran berlangsung. Hasil dilihat dari nilai rata-rata teks biografi yang siswa tulis. Pada pratindakan rata-rata siswa adalah 63,79. Nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan pada tindakan siklus I yaitu 76,20. Nilai rata-rata siswa kembali mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 80,86. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks biografi kelas X-IPS-B MA Darul Hikmah Tulungagung telah mengalami peningkatan, baik secara proses maupun produk setelah diterapkan metode Project Based Learning.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210183086 Niswatul Azizah Li'aini Fariha |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 01:55 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 01:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29581 |
Actions (login required)
View Item |