ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI TEKANAN ZAT DI KELAS VIII MTS SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR TULUNGAGUNG

MUHAMMAD 'ALWI, 12211183049 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI TEKANAN ZAT DI KELAS VIII MTS SUNAN KALIJOGO KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Fisika Pada Materi Tekanan Zat Di Kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad „Alwi, NIM. 12211183049, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatulloh Tulungagung, pembimbing: Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Pemecahan Masalah, Tekanan Zat Penelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan bahwa kemampuan kognitif dalam pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung tergolong rendah terutama pada materi tekanan zat, yang dibuktikan dengan hasil ulangan harian dan observasi guru mata pelajaran IPA. Kemampuan kognitif siswa dapat dikembangkan dengan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan kognitif siswa dan mengetahui berapa persentase kemampuan kognitif siswa dalam pemecahan masalah tekanan zat kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Kalidawir Tulungagung. Indikator kemampuan kognitif pada sekolah menengah pertama atau madrasah tsanawiyah yang diteliti ada empat komponen yaitu mengingat (C1), memahami (C2), menerapkan (C3), dan menganalisis (C4). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 23 siswa, kemudian dipilih 8 siswa sebagai subjek wawancara, yaitu dengan masing-masing 2 siswa kemampuan kognitif C1 (Mengingat), C2 (Memahami), C3 (Menerapkan), dan C4 (Menganalisis). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa berkemampuan kognitif C1 (Mengingat) berada pada kategori tinggi dengan presentase 86%, yang berarti siswa sudah mampu memenuhi ranah kognitif mengingat. (2) Siswa berkemampuan kognitif C2 (Memahami) berada pada kategori sedang dengan presentase 65%, yang berarti siswa sudah mampu memenuhi ranah kognitif memahami. (3) Siswa berkemampuan kognitif C3 (Menerapkan) berada pada kategori rendah dengan presentase 52%, yang berarti siswa belum mampu memenuhi ranah kognitif menerapkan. (4) Siswa berkemampuan kognitif C4 (Menganalisis) berada pada kategori rendah dengan presentase 48%, yang berarti siswa belum mampu memenuhi ranah kognitif menganalisis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: Muhammad 'Alwi
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:27
Last Modified: 18 Aug 2022 03:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29606

Actions (login required)

View Item View Item