PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY (SETS) TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA MATERI SISTEM KOLOID

LOVTY ZENI APRILIA, 12212183002 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY (SETS) TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA MATERI SISTEM KOLOID. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (668kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Science, Environment, Technology, Society (SETS) Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman pada Materi Sistem Koloid” ini ditulis oleh Lovty Zeni Aprilia, NIM. 12212183002, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M. Kes.,Ph.D. Kata Kunci : E-modul kimia, Science, Environment, Technology, Society, SETS, Integrasi Nilai-nilai Keislaman, Sistem Koloid Strategi pengajaran saat ini masih terpusat pada guru, mendorong siswa untuk menghafalkan pelajaran, dan kurang merangsang kemampuan berpikir siswa. Berdasarkan wawancara guru dan angket siswa, sebagian besar siswa kesulitan mendefinisikan koloid, fase terdispersi, medium pendispersi, dan perannya terhadap teknologi, lingkungan, dan masyarakat. Selin itu, guru tidak mengaitkan materi dengan nilai-nilai keislaman sebagai wujud dari Kompetensi Inti 1. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar yang memberikan kesempatan siswa untuk belajar mandiri, yang dapat menemukan konsep-konsep baru secara utuh, yang diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan desain pengembangan e-modul kimia berbasis Science, Environment, Technology, Society (SETS) terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi sistem koloid, 2) megetahui kevalidan e-modul kimia berbasis Science, Environment, Technology, Society (SETS) terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi sistem koloid, 3) untuk mengetahui respon siswa terhadap e-modul kimia berbasis Science, Environment, Technology, Society (SETS) terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi sistem koloid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model Sugiyono yang telah dimodifikasi menjadi 7 tahap. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi dan lembar angket respon siswa. Validasi dilakukan oleh 1 dosen kimia dan 1 guru kimia dan kitab kuning MA Al Muslihun Kalidawir. Subjek penelitian sebanyak 12 siswa kelas XI MIPA di MA Al Muslihun Kalidawir dengan menyebarkan angket respon siswa. Hasil peneitian ini meliputi : 1) E-modul disusun dengan pendekatan SETS dan diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman. E-modul dibuat menggunakan aplikasi Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, Flip Pdf Corporate Edition, dan Website 2 APK builder. Isi e-modul meliputi cover, Kata pengantar, daftar isi, kompetensi isi dan kompetensi dasar, petunjuk penggunaan e-modul, peta konsep, materi, nilai-nilai keislaman, kuis, dan evaluasi. 2) Berdasarkan hasil ahli materi memperoleh rata-rata persentase sebesar 96%, validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 95,12%, dan hasil validasi ahli integrasi nilai-nilai keislaman memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 85% dengan kriteria sangat valid. dengan demikian produk yang dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan. 3) Respon siswa memperoleh rata-rata persentase sebesar 83,58% dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil uji validasi ahli dan respon siswa e-modul kimia berbasis Science, Environment, Technology, Society (SETS) terintegrasi nilai-nilai keislaman pada materi sistem koloid dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212183002 LOVTY ZENI APRILIA
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:44
Last Modified: 18 Aug 2022 07:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29624

Actions (login required)

View Item View Item