APSARI WAHYU YULINAR, 12201183199 (2022) PENERAPAN METODE IQRO' DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA IQRO' ANAK USIA DINI DI TPQ FASTABIQUL KHOIROT KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (656kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (394kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (451kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (876kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (898kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (440kB) |
Abstract
Skripsi dengan Judul “Penerapan Metode Iqro’ dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Iqro’ Anak Usia Dini di TPQ Fastabiqul Khoirot Kauman Tulungagung” ini ditulis oleh Apsari Wahyu Yulinar, NIM. 12201183199, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing Muhammad Dwi Toriyono, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Metode Iqro’, Baca Iqro’, Anak Usia Dini Ketika masa kanak-kanak harus mulai diperkenalkan pada pendidikan Al- Qur'an dengan tahap dasar pengenalan huruf hijaiyah pada anak yaitu menggunakan metode iqro’, karna Al-Qur’an yang menjadi pegangan dan pedoman di dalam kehidupannya nanti, sehingga ketika dewasa tidak kehilangan pegangan dan pedoman. Maka dari itulah untuk membaca Al-Qur’an, kita harus mengenal huruf-huruf hijaiyah pada anak sebagai dasar pembelajaran Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan penerapan metode iqro' dalam meningkatkan kemampuan baca iqro’ anak usia dini di TPQ Fastabiqul Khoirot Kauman Tulungagung. untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode iqro' dalam meningkatkan kemampuan baca iqro’ anak usia dini di TPQ Fastabiqul Khoirot Kauman Tulungagung. untuk mendeskripsikan evaluasi penerapan metode iqro' dalam meningkatkan kemampuan baca iqro’ anak usia dini di TPQ Fastabiqul Khoirot Kauman Tulungagung. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pendekatan yang digunakan berupa studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi data. Pengecekan keabsahan temuan data dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan Penerapan Metode Iqro’ dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Iqro’ Anak Usia Dini di TPQ Fastabiqul Khoirot Kauman Tulungagung adalah guru harus menguasai materi yang akan disampaikan, guru harus mengerti karakteristik anak terlebih dahulu, guru juga akan mempersiapkan kelasnya, guru menyuruh anak usia dini menyiapkan buku prestasi dan hafalan surat pendek serta doa-doa lainnya, dan belajar membaca iqro’. Pelaksanaannya adalah guru menyuruh anak usia dini menghafal surat-surat pendek dan doa-doa lainnya, membaca iqro’ secara bergantian, menulis huruf hijaiyah pada buku yang telah diberikan, memberikan motivasi pada anak usia dini dengan memberikan mereka hadiah kecil. Evaluasinya adalah guru melakukan evaluasi seperti mengajarkan dan meningkatkan kembali pada makhorijul huruf dan tajwid supaya kemampuan anak dalam masalah tersebut bisa semakin meningkat dan lancar. Anak-anak diberikan selembar kertas sebagai soal sederhana dengan menebali dan menirukan huruf yang telah ditulis oleh guru dan yang telah dipelajari oleh anak tersebut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Islam > TPA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mahasiswa 12201183199 Apsari Wahyu Yulinar |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 06:31 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 06:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29632 |
Actions (login required)
View Item |