DANDI AGIL SAPUTRA, 12207183101 (2022) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING MADRASAH (STUDI KASUS DI MTS MA’ARIF NU 2 SUTOJAYAN BLITAR). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (860kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (788kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (788kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dandi Agil Saputra, NIM: 12207183101. 2022. “Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Daya Saing Madrasah (Studi Kasus di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar)”. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M. Pd. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Kualitas Daya Saing, Manajemen Berbasis Madrasah Pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan pemikiran, tingkat kedewasaan, dan perilaku manusia. Pendidikan mengubah pola pikir manusia agar menjadi lebih baik, oleh karena itu setiap manusia berhak untuk mendapatkan pendidikan. Berbagai lembaga pendidikan berusaha memberikan layanan pendidikan yang baik untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan prestasi peserta didik. Dalam hal ini, manajemen kesiswaan memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi, kemajuan belajar, bakat, dan kemampuan peserta didik serta pembinaan dalam rangka untuk meningkatkan daya pikir peserta didik baik dalam bidang akademik, maupun non akademik. Dalam hal ini, penulis mengambil salah satu pendidikan yakni MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar. Sebagai objek penelitian. Madrasah ini memiliki manajemen kesiswaan yang berbeda dari madrasah lain. Perbedaannya adalah ciri khas madrasah ini mengedepankan kedisiplinan, prestasi, dan pendidikan karakter akhlaqul karimah. Selain itu, MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar adalah salah satu madrasah yang terintegrasi dengan pondok pesantren dengan perkembangannya yang sangat pesat. Hal inilah yang membuat penulis merasa tertarik untuk menelitinya lebih dalam. Fokus penelitian ini adalah (1) perencanaan kesiswaan dalam meningkatkan daya saing madrasah (studi kasus di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar), (2) penerimaan peserta didik dalam meningkatkan daya saing madrasah (studi kasus di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar), (3) pembinaan peserta didik dalam meningkatkan daya saing madrasah (studi kasus di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar), (4) evaluasi kesiswaan dalam meningkatkan daya saing madrasah (studi kasus di MTs Ma’arif NU 2 Sutojayan Blitar). Jika dilihat dari sumber datanya, penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Sedangkan jenis datanya, pendekatan yang digunakan termasuk penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik yaitu: wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan tiga tahap, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan kesiswaan dalam meningkatkan daya saing madrasah, terdiri dari (a) perencanaan penerimaan peserta didik, (b) perencanaan pembinaan peserta didik. (2) Penerimaan peserta didik dalam meningkatkan daya saing madrasah, terdiri dari (a) pembentukan panitia PSB, (b) rapat penerimaan peserta didik, (c) pembuatan pengiriman/pemasangan pengumuman, (d) pendaftaran calon peserta didik (e) seleksi peserta didik baru (f) informasi peserta didik yang diterima dan pendaftaran ulang. (3) Pembinaan peserta didik dalam meningkatkan daya saing madrasah, terdiri dari: (a) pembinaan akademik, (b) pembinaan non akademik dan ekstrakurikuler, (c) pengembangan karakter. (4) Evaluasi kesiswaan dalam meningkatkan daya saing madrasah, terdiri dari: (a) evaluasi proses, (b) evaluasi hasil.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 12207183101 DANDI AGIL SAPUTRA |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 07:27 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 07:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29659 |
Actions (login required)
View Item |