M FAIZAL ABIDIN, 12210183130 (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CERPEN DENGAN METODE P2R PREVIEW, READ, REVIEW PADA SISWA KELAS IX SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR TAHUN AJARAN 2021/2022 SKRIPSI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peningkatan Keterampilan Membaca Cerpen dengan Metode P2R Pada Siswa Kelas IX SMP Muallimin Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2021/2022” ditulis oleh M Faizal Abidin, NIM 12210183130, dengan bimbingan Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata kunci: keterampilan membaca cerpen, metode P2R dan model berpikir berpasangan berbagi, peningkatan Penelitian tentang keterampilan membaca cerpen ini merupakan salah satu penelitian yang dilatar belakangi oleh penilaian guru terhadap pembelajaran membaca cerpen pada siswa kelas IX A di SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Pada keterampilan membaca cerpen, masih banyak siswa yang belum memenuhi kriteria atau nilai yang maksimal. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca cerpen siswa dengan metode P2R dan model berpikir berpasangan berbagi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Dengan rumusan masalah sebagai berikut 1) bagaimana upaya meningkatkan keterampilan membaca cerpen dengan menggunakan metode P2R pada siswa kelas IX A SMP Muallimin ?, 2) bagaimana hasil peningkatan keterampilan membaca cerpen dengan menggunakan metode P2R pada siswa kelas IX A SMP Muallimin ?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui upaya penigkataan keterampilan membaca cerpen dengan metode P2R pada siswa kelas IX SMP Muallimin, 2) mengetahui hasil peningkatan keterampilan membaca cerpen dengan menggunakan metode P2R pada siswa kelas IX SMP Muallimin. Adapun hasil dari penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut. Pertama, peningkatan proses terlihat dari keaktifan siswa ketika mengikuti pembelajaran membaca cerpen, perhatian atau konsentrasi siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru, dan antusiasme siswa pada pembelajaran keterampilan membaca cerpen. Kedua, hasil dari peningkatan tersebut terjadi dengan melalui beberapa tahap yaitu, pratindakan, siklus I, siklus II. Kedua, peningkatan dari hasil nilai siswa. Pada pratindakan, nilai rata-rata siswa adalah 56,85. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 76,35. Selanjutnya siklus II, nilai rata-rata siswa mencapai 81,60.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | S1 12210183130 M FAIZAL ABIDIN |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 01:55 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 01:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29668 |
Actions (login required)
View Item |