IKA ROIKHATUL JANNAH, 17205153204 (2020) PENGARUH METODE DISCOVERY TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV MI PLUS SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Discovery Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Ika Roikhatul Jannah, NIM 17205153204, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Adi Wijayanto, M.Pd. Kata kunci: Discovery, Motivasi, Prestasi Belajar. Proses belajar mengajar sangat perlu untuk menggunakan strategi ataupun metode pembelajaran yang tepat, karena hal ini sangat menentukan keberhasilan belajar siswa. Penggunaan strategi pembelajaran yang tepat, dapat menjadikan siswa mencapai prestasi belajar yang tinggi dan dapat mengembangkan potensi yang tersimpan dalam dirinya, sehingga mereka akan lebih termotivasi untuk belajar bahasa Jawa dan tidak merasa bosan terahadap pelajaran Bahasa Jawa bahkan menganggap bahwa pelajaran Bahasa Jawa merupakan pelajaran yang menyenangkan. Pembelajaran siswa lebih termotivasi jika apa yang dipelajarinya menarik perhatiannya, selaras dengan kebutuhan siswa, menyebabkan mereka puas dan menambah percaya diri mereka. Metode discovery yaitu suatu metode yang menyajikan pembelajaran yang memancing rasa ingin tahu siswa. Metode ini juga akan menumbuhkan keterampilan siswa untuk meneliti dan mencari tahu serta mencari pemecahan suatu masalah juga mendorong siswa untuk menggali informasi. Kegiatan pembelajaran yang seperti ini diharapkan mampu dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh metode discovery terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2019/2020? (2) Adakah pengaruh metode discovery terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2019/2020? (3) Adakah pengaruh metode discovery terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas IV di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2019/2020? Adapun tujuan dari penelitian ini (1) menjelaskan pengaruh metode discovery terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2019/2020 (2) menjelaskan pengaruh metode discovery terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2019/2020 (3) menjelaskan pengaruh metode discovery terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas IV di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi yang diambil penelitian ini adalah kelas IV MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2019/2020 dengan menggunakan teknik random sampling. Data diperoleh dengan cara memberikan tes dan kuesioner/angket dengan sejumlah instrumen pernyataan yang telah disiapkan. Adapun validasi instrumen menggunakan SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh metode Discovery terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV MI Plus Sabilul Muhtadin Rejotangan Tulungagung. Berdasarkan pada perhitungan Uji Independent Samples t-Test untuk motivasi belajar yang menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh metode Discovery terhadap prestasi belajar bahasa Jawa peserta didik kelas IV MI Plus Sabilul Muhtadin Rejotangan Tulungagung. Berdasarkan pada perhitungan Uji Independent Samples t-Test untuk hasil belajar yang menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,004. Karena nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh metode Discovery terhadap motivasi dan prestasi belajar bahasa Jawa peserta didik kelas IV MI Plus Sabilul Muhtadin Rejotangan Tulungagung. Hal ini didasarkan pada perhitungan uji anova 2 jalur (MANOVA) dari tabel Multivariate diperoleh dari Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root signifikansi 0,000 dimana sig 0,000 < 0,05 untuk motivasi dan hasil belajar yang menghasilkan nilai Sig. sebesar 0,000. Karena nilai Sig. < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153204 Ika Roikhatul Jannah |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 02:37 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 02:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29680 |
Actions (login required)
View Item |