MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH AL-HUDA BANDUNG TAHUN AJARAN 2021/2022

NANDA AYU CHORIFATUL HIDAYAH, 12207183053 (2022) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH AL-HUDA BANDUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (203kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Bandung Tahun Ajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Nanda Ayu Chorifatul Hidayah, NIM. 12207183053, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata kunci : Manajemen Perpustakaan, Minat Baca, Peserta Didik Dalam sebuah lembaga pendidikan, manajemen digunakan untuk mengelola segala kegiatan yang ada dalam lembaga, mulai dari perencanaan hingga pengendalian atau pengawasan. Semua kegiatan memiliki pengelolaan yang berbeda, seperti halnya perpustakaan yang memiliki sebuah organisasi sendiri didalamnya untuk mengatur dan mengelola perpustakaan. Perpustakaan digunakan fasilitas menunjang kebutuhan peserta didik, selain itu perpustakaan juga berperan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan cara meningkatkan minat baca peserta didik. Tinggi rendahnya minat baca sangat mempengaruhi pengetahuan seseorang, khususnya peserta didik. Peserta didik yang memiliki minat baca yang tinggi cenderung memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Namun pada kenyataannya saat ini masih banyak peserta didik yang memiliki minat baca yang rendah atau bahkan sama sekali tidak memiliki minat untuk membaca, dengan berbagai alasan seperti membaca itu membosankan, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik MTs Al-Huda Bandung dengan fokus penelitian : 1) Bagaimana perencanaan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di MTs Al-Huda Bandung ?, 2) Bagaimana pengorganisasian perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di MTs Al-Huda Bandung ?, 3) Bagaimana pelaksanaan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik yang ada di MTs Al-Huda Bandung ?, 4) Bagaimana proses pengawasan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di MTs Al-Huda Bandung ?. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomologi naturalistik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan penyajian data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data. Dan teknik keabsahan data dilakukan dengan credibility, transferability, dependability dan confirmatibility. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut ; 1) Perencanaan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik MTs Al-Huda Bandung dilakukan dengan menyiapkan ruang perpustakaan, SDM, anggaran dana, memperhatikan kebutuhan peserta didik yang didasarkan pada visi dan misi MTs Al-Huda Bandung, kegiatan perencanaan perpustakaan disusun setiap awal tahun pembelajaran. Perencanaan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik MTs Al-Huda Bandung merupakan perencanaan strategis dimana perencanaan ini digunakan dalam jangka panjang dan memiliki tujuan yang jelas. 2) Pengorganisasian perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik MTs Al-Huda Bandung dilakukan dengan pembentukan organisasi kecil yang khusus menangani kebutuhan peserta didik untuk meningkatkan minat baca mereka, yang terdiri dari Kepala Madrasah , Waka Kurikulum, Kepala Perpustakaan, Bendahara dan Wali Kelas. 3) Pelaksanaan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik MTs Al-Huda Bandung dilaksanakan dengan dua kegiatan, yaitu kegiatan literasi didalam kelas dan kegiatan layanan perpustakaan yang dilaksanakan didalam perpustakaan. 4) Pengawasan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik MTs Al-Huda Bandung dilakukan dengan metode langsung untuk pengawasan standar keberhasilan kegiatan dan kinerja SDM dan metode tidak langsung untuk pengawasan koleksi perpustakaan yang dipinjam peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207183053 Nanda Ayu Chorifatul Hidayah
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:35
Last Modified: 22 Aug 2022 02:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29707

Actions (login required)

View Item View Item