IRMA SHOFIANA SALSABILA, 12207183093 (2022) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (751kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (832kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (575kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (793kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (349kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen sarana dan Prasana Pendidikan Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Irma Shofiana Salsabila, Manajemen Pendidikan Islam, NIM. 12207183093, Dibimbing oleh Dr. H. Imam Junaris, S.Ag, M.H.I Kata kunci: manajemen, sarana prasarana, kreativitas siswa Keberhasilan program pendidikan melalui proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya ialah tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang memadai disertai dengan pengelolaan atau manajemen secara optimal. Sarana dan prasarana merupakan material pendidikan yang sangat penting yang harus dikelola oleh lembaga, selain sebagai penunjang proses pendidikan di sekolah. Dengan adanya sarana prasarana, guru dan siswa sangat terbantu dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar utamanya untuk meningkatkan kreativitas siswa. Oleh karena itu, diperlukan pengelolaan sarana dan prasarana yang baik agar kualitas dan kuantitas dari sarana dan prasarana pendidikan dapat dipertahankan dalam jangka waktu yang lebih relatif lama. Untuk itu, sekolah dituntut untuk dapat melakukan manajemen dalam hal meningkatkan sarana dan prasarana guna mempertahankan dan meningkatkan kreativitas siswa yang ada di dalam lembaga. Di zaman yang semakin berkembang ini manajemen sarana dan prasarana di lembaga pendidikan sendiri yang merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan kreativitas siswa di bidang ketrampilan maupun pengetahuan siswa. Tentunya lembaga pendidikan harus mampu bergerak cepat dalam pengelolaan sarana dan prasarana untuk membantu peningkatkan kreativitas siswa di masa sekarang dan di masa yang akan datang. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kreativitas siswa di MTsN 1 Tulungagung, (2) Bagaimana pengadaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kreativitas siswa di MTsN 1 Tulungagung, (3) Bagaimana pengaturan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kreativitas siswa di MTsN 1 Tulungagung, (4) Bagaimana penggunaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kreativitas siswa di MTsN 1 Tulungagung, (5) Bagaimana penghapusan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan kreativitas siswa di MTsN 1 Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah kulitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data di lakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data di lakukan dengan cara menggunakan perpanjangan pengamatan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini (1) Dalam perencanaan sarana dan prasarana yang ada di MTsN 1 Tulungagung yang sudah terstruktur dan sesuai dengan tujuan dan prinsip manajemen sarana dan prasarana. Hal tersebut terbukti dari langkah awal dalam perencanaan sarana dan prasarana melihat kondisi sekolah, untuk dapat menganalisis kebutuhan serta menyusun anggaran dana sesuai dengan skala prioritas. Yang bertujuan agar dalam setiap pengadaan barang untuk memenuhi seluruh kebutuhan sekolah tidak ada kendala dalam pelaksanaanya, (2) Pengadaan sarana dan prasarana di MTsN 1 Tulungagung dalam merealisasikan rencana kebutuhan barang yang telah ditetapkan, sebelumnya akan dilaksanakan analisis kebutuhan lebih lanjut, analisis anggaran, dan penyeleksian sarana dan prasarana untuk menentukan skala prioritas pengadaan sarana dan prasarana pendidikan diusahakan mengikuti tata cara dan prosedur yang ada, (3) Pengelolaan dan penataan sarana dan prasarana akan mempengaruhi kondisi sarana dan prasarana disekolah serta sangat berpengaruh terhadap motivasi siswa dalam belajar dan meningkatkan kreativitsnya di segala bidang yang diminat. Maka Pengelolaan sarana dan Prasarana yang ada di MTsN 1 Tulungagung diusahakan sesuai dengan prosedur yang ada karena jika pengaturan sarana dan prasarananya baik akan menimbulkan motivasi belajar siswa sehingga peningkatan kreativitaspun akan tercapai, (4) Pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada di MTsN 1 Tulungagung diusahakan dapat berjalan efektif dan efisien agar dapat memotivasi siswa untuk belajar dan meningkatkan kreativitasnya sesuai bidangnya serta bagi guru dapat dengan mudah menyampaikan materi kepada siswa sehingga materi dapat diterima dengan jelas, suasana belajar menjadi tidak monoton serta mampu membuat suasana yang aman dan nyaman di kegiatan pembelajaran disekolah, (5) Penghapusan sarana dan prasarana di MTsN 1 Tulungagung sangat diperlukan jika sarana dan prasarana tersebut sudah sudah tidak berfungsi sebagaimana yang diharapkan, tidak layak pakai untuk menunjang kegiatan pembelajaran disekolah dan jika tetap dibiarkan akan mengganggu kegiatan pembelajaran disekolah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207183093 Irma Shofiana Salsabila |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 03:16 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 03:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29712 |
Actions (login required)
View Item |