PENGARUH PENGGUNAAN EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI MA MAARIF PONGGOK

Rosa Lina, 12210173034 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI MA MAARIF PONGGOK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (629kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Edmodo terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI MA Maarif Ponggok” ini ditulis oleh Rosa Lina, NIM 12210173034. Jurusan Tadris Bahsasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Muyassaroh , S.S., M.Pd. Kata Kunci: Edmodo, pembelajaran, keterampilan menulis, cerita pendek. Aplikasi edmodo adalah sebuah aplikasi yang muncul akibat dari sebuah perkembangan teknologi di dunia pendidikan guna untuk mendukung sistem pembelajaran daring bagi para pegiat pendidikan, seperti guru, siswa, mahasiswa, dosen. Di dalam platform Edmodo ini baik pengajar maupun siswanya dapat saling berinteraksi dengan mudah. Tentu hal ini akan mempermudah kegiatan-kegiatan pembelajaran seperti pemberian tugas, mengerjakan ujian, kuis, dan masih banyak lagi. Rumusan masalah dari penulisan skripsi ini adalah bagaimanakah pengaruh penggunaan edmodo terhadap kemampuan menulis siswa pada materi cerita pendek di kelas XI MA Maarif Ponggok? Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan edmodo terhadap kemampuan menulis siswa pada materi cerita pendek di kelas XI MA Maarif Ponggok. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Tes digunakan sebagai alat penelitian berupa soal untuk mengetahui kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas XI MA Maarif Ponggok. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Maarif ponggok yang berjumlah 56 siswa yang akan dibagi menjadi berdasarkan kelas kontrol dan kelas ekperimen. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah adanya pengaruh penggunaan edmodo terhadap kemampuan menulis siswa pada materi cerita pendek di kelas XI MA Maarif Ponggok. Dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 56 siswa dengan pembagian kelas kontrol sebanyak 28 siswa dan kelas eksperimen sebanyak 28 siswa. Perhutungan hasil analisis data, peneliti menggunakan uji T dan diperoleh hasil t hitung = 0,584 dan r tabel = 0,266 dengan taraf signifikansi 5%. Karena t hitung > r tabel maka hipotesil nol ditolak dan hipotesis alternative diterima sehingga, hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik. Hal tersebut menandakan bahwa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukan perbedaan yang sangat signifikan pada saat pembelajaran

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210173034 Rosa Lina
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:29
Last Modified: 22 Aug 2022 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29716

Actions (login required)

View Item View Item