ANALISIS TENTANG PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 14 BLITAR, KOLOMAYAN DESA WONODADI

EKA RATNA SARI, 12205183259 (2022) ANALISIS TENTANG PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 14 BLITAR, KOLOMAYAN DESA WONODADI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu pembelajaran tak lepas dari seorang guru karena guru mempunyai peran yang sangat penting. Guru adalah orang yang bekerjanya mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Walaupun peranannya sangat menentukan, namun harus disadari bahwasanya guru bukan satusatunya penentu keberhasilan atau kegagalan pembelajaran. Sebab, keberhasilan atau kegagalan pembelajaran dipengaruhi oleh beragam faktor yang saling berkaitan. Salah satu faktor penentu keberhasilan adalah adanya motivasi yang dimiliki siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) Mengetahui dan mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di MIN 14 Blitar. (2) Mengetahui dan mendeskripsikan kendala yang di hadapi guru dalam meningkatkan belajar siswa pada pembelajaran tematik di MIN 14 Blitar. Untuk mencapai tujuan penelitian di atas, digunakan pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah MIN 14 Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di MIN 14 Blitar ditunjukkan dengan adanya guru sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator dan fasilitator serta evaluator. (2) kendala yang di hadapi guru dalam meningkatkan belajar siswa pada pembelajaran tematik di MIN 14 Blitar adalah: a) Pemahaman guru terhadap pelaksanaan pembelajaran tematik, b) Merencanakan pembelajaran tematik, c) Kendala dalam melaksanakannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205183259 EKA RATNA SARI
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:56
Last Modified: 31 Aug 2022 01:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29735

Actions (login required)

View Item View Item