EKA RATNA SARI, 12205183259 (2022) ANALISIS TENTANG PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 14 BLITAR, KOLOMAYAN DESA WONODADI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (345kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan suatu pembelajaran tak lepas dari seorang guru karena guru mempunyai peran yang sangat penting. Guru adalah orang yang bekerjanya mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Walaupun peranannya sangat menentukan, namun harus disadari bahwasanya guru bukan satusatunya penentu keberhasilan atau kegagalan pembelajaran. Sebab, keberhasilan atau kegagalan pembelajaran dipengaruhi oleh beragam faktor yang saling berkaitan. Salah satu faktor penentu keberhasilan adalah adanya motivasi yang dimiliki siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) Mengetahui dan mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di MIN 14 Blitar. (2) Mengetahui dan mendeskripsikan kendala yang di hadapi guru dalam meningkatkan belajar siswa pada pembelajaran tematik di MIN 14 Blitar. Untuk mencapai tujuan penelitian di atas, digunakan pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian adalah MIN 14 Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di MIN 14 Blitar ditunjukkan dengan adanya guru sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator dan fasilitator serta evaluator. (2) kendala yang di hadapi guru dalam meningkatkan belajar siswa pada pembelajaran tematik di MIN 14 Blitar adalah: a) Pemahaman guru terhadap pelaksanaan pembelajaran tematik, b) Merencanakan pembelajaran tematik, c) Kendala dalam melaksanakannya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183259 EKA RATNA SARI |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 01:56 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 01:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29735 |
Actions (login required)
View Item |