RADIYAH SEPTANINGTYAS, 12205183066 (2022) PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN LURING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (662kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (227kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (272kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya penerapkan sosial distance yang menjadikan pembatasan pertemuan dengan jumlah banyak termasuk dalam dunia pendidikan. Hal ini terdampak pada kegiatan belajar-mengajar di lembaga pendidikan yang semula face to face kini mengubahnya menjadi pembelajaran daring dan luring. Pembelajaran ini menuntut siswa harus dan mampu menangkap materi-materi yang diberikan oleh guru, salah satu kendala dari pembelajaran ini adalah tingkat pemahaman siswa yang semakin lama semakin menurun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh pembelajaran daring terhadap tingkat pemahaman siswa di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol? 2) Adakah pengaruh pembelajaran luring terhadap tingkat pemahaman siswa di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol? 3) Adakah perbedaan pengaruh pembelajaran daring dan luring terhadap tingkat pemahaman siswa di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol? Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan studi komparatif. Desain Pre-Experimental Design, bentuk Intact Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampel Jenuh. Peneliti mengambil sampel sebanyak 86 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan catatan. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi betganda dan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : ada pengaruh pembelajaran daring dan luring terhadap tingkat pemahaman siswa, dengan besar pengaruh dapat ditunjukkan pada tabel Model Summary pada nilai R Square, pada pembelajaran daring R Square = 0,716, artinya 71,6% besar pada pembelajaan luring R Square = 0,711, artinya 71,1% besar pengaruh. Ada perbedaan antara pembelajaran daring dan luring terhadap tingkat pemahaman siswa, ditunjukkan pada tabel Independent-Sampel T-test, dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, sedangkan untuk nilai Thitung = -35,871 > Ttabel 1,697.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Daring Pendidikan > Luring Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205183066 RADIYAH SEPTANINGTYAS |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 03:30 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 03:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29738 |
Actions (login required)
View Item |