PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH BENDILJATI WETAN TULUNGAGUNG TAHUN AKADEMIK 2021/2022

INDRAYANTI PRAMESWARI, 12205183038 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH BENDILJATI WETAN TULUNGAGUNG TAHUN AKADEMIK 2021/2022. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Di MI Bendiljati Wetan Tulungagung Tahun Akademik 2021/2022” ini ditulis oleh Indrayanti Prameswari, NIM 12205183038, pembimbing Dr. Anissatul Mufarokah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci : model pembelajaran Blended Learning, hasil belajar, mata pelajaran Bahasa Indonesia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman dan masa pandemi covid 19, sehingga siswa diharuskan untuk melakukan pembelajaran online. Peneliti melakukan eksperimen menerapkan model pembelajaran Blended Learning untuk menimalisir ruang dan waktu serta diperlukan model pembelajaran yang mampu memaksimalkan hasil belajar siswa pada masa pembelajaran online. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar afektif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di MI Bendiljati Wetan Tulungagung? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di MI Bendiljati Wetan Tulungagung? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar psikomotorik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di MI Bendiljati Wetan Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar afektif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di MI Bendiljati Wetan Tulungagung (2) Untuk membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di MI Bendiljati Wetan Tulungagung (3) Untuk membuktikan adanya pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar psikomotorik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV di MI Bendiljati Wetan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Pemgumpulan data menggunakan Tes, Angket, Observasi dan Dokumentasi. Tes digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Blended Learning. Angket digunakan untuk memperoleh data hasil belajar afektif. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data pengamatan saat pembelajaran. Dan dokumentasi untuk memperoleh data dari tempat penelitian. Validitas dan reliabilitas digunakan untuk menguji instrumen penelitian sebelum disebarkan kepada responden. Untuk mengolah data dan menjawab dari setiap hipotesis menggunakan uji t dan koefisien determinasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signitifikan antara model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV yang ditunjukan nilai Sig sebesar 0,000 dari probabilitas 0,05, dengan R square sebesar 0,327. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan presentase pengaruh sebesar 32,7% (2) Terdapat pengaruh yang signitifikan antara pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar psikomotorik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV yang ditunjukan nilai Sig sebesar 0,000 dari probabilitas 0,05, dengan R square 0,042. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan presentase pengaruh sebesar 4,2% (3) Terdapat pengaruh yang signitifikan antara model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar afektif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV yang ditunjukkan nilai Sig sebesar 0,003 dari probabilitas 0,05, dengan R square sebesar 0,012. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan presentase pengaruh sebesar 1,2%

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205183038 INDRAYANTI PRAMESWARI
Date Deposited: 22 Aug 2022 07:31
Last Modified: 22 Aug 2022 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29757

Actions (login required)

View Item View Item