UPAYA PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI DI TK PLUS HASYIM ASY’ARI PIKATAN

FARADIBA LUTFIANA FALESKA, 12206183022 (2022) UPAYA PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI DI TK PLUS HASYIM ASY’ARI PIKATAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Abstrak Faradiba Lutfiana Faleska, 12206183022, 2022, Upaya Pendidik dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan Wonodadi Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Errifa Susilo., M.Pd. Kata Kunci: Motorik Halus, Masa Pandemi, Anak Usia Dini Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya masalah perkembangan anak dalam proses belajar pada masa pandemi. Banyak peserta didik yang kemampuan perkembangannya sangat memprihatinkan apalagi pada kemampuan motorik halusnya. Pada masa pandemi peserta didik di tuntut untuk belajar dirumah bersama keluarga. Akan tetapi banyak orang tua yang mengadu kepada pendidik bahwa kesulitan dalam mendampingi anak belajar. Selain orang tua pendidik juga kesulitan dalam memantau perkembangan peserta didik secara virtual hal ini dikarenakan ada orang tua yang tidak tanggap ketika anak diberi tugas oleh pendidik sehingga tidak mengumpulkan tugas sampai waktu yng ditentukan. Hal ini menjadi kendala dalam proses pengembangan kemampuan yang ada pada diri peserta didik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan pengembangan kemampuan motorik halus anak usia dini pada masa pandemi di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan? (2) Apa saja kendala yang muncul dalam pengembangan kemampuan motorik halus anak usia dini pada masa pandemi di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan? (3) Bagaimana cara mengatasi kendala yang muncul dalam pengembangan kemampuan motorik halus anak usia dini pada masa pandemi di TK Plus Hasyim Asy’ari Pikatan? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Plus Hasyim Asy’ari Desa Pikatan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi sumber, review informan, dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : upaya pendidik dalam mengembangkan kemampuan motorikhalus anak pada masa pandemi yaitu dengan memberikan tugas-tugas kegiatan melalui aplikasi WAG seperti menulis, mewarna, meronce, menggambar guna untuk menstimulus motorik anak ketika belajar BDR. Dan dikumpulkan melalui WA atau satu bulan sekali ketika ada sosialisasi di sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183022 FARADIBA LUTFIANA FALESKHA
Date Deposited: 22 Aug 2022 08:18
Last Modified: 22 Aug 2022 08:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/29772

Actions (login required)

View Item View Item